Lianne La Havas Akan Ramaikan Mangkunegaran Jazz Festival 2019

Jum'at, 15 Maret 2019 - 11:12 WIB
Lianne La Havas Akan Ramaikan Mangkunegaran Jazz Festival 2019
Penyanyi asal Inggris, Lianne La Havas akan memeriahkan Mangkunegaran Jazz Festival 2019 di Kota Solo. FOTO/BBC
A A A
SOLO - Mangkunegaran Jazz Festival 2019 hadir di Kota Solo, 29-30 Maret mendatang. Sejumlah musisi nasional dan luar negeri rencananya akan tampil dalam perhelatan yang digelar di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo.

Artis yang akan tampil di antaranya Lianne La Havas dari Inggris yang telah menghasilkan dua album. Sedangkan artis nasional di antaranya DMasiv, Ardhito Pramono, Eva Celia dan Jordy Waelauruw feat Tommy Pratamono.

"Mangkunegaran Jazz Festival merupakan persembahan Puro Mangkunegaran untuk masyarakat Solo dan sekitarnya," kata Founder Mangkunegaran Jazz Festival 2019, GPH Bhre Cakrahutama Wira Sudjiwo, Kamis (14/3/2019).

Sebelumnya praevent Road To Mangkunegaran Jazz Festival telah digelar November 2018 lalu dan sukses dengan dihadiri sekitar 15.000 orang. Pihaknya berharap Mangkunegaran Jazz Festival ke depannya dapat menjadi event nasional. Dalam perhelatan ini, akan menjunjung akulturasi budaya antara modern dan tradisional. Sehingga tetap tunduk pada akar kebudayaan namun disajikan dengan menarik anak-anak muda.

"Event ini sekaligus memperkenalkan Pura Mangkunegaran dan Kota Solo secara lebih luas. Eksistensi Pura Mangkunegaran dan Kota Solo akan diangkat melalui acara ini," tandasnya.

Terdapat tiga aspek yang diangkat dalam penyelenggaraan. Pertama musiknya itu sendiri. Selain menampilkan artis nasional dan internasional, komunitas jazz lokal diharapkan juga bisa tampil.

Sedangkan dari segi ekonomi, menggandeng pelaku usaha lokal. Sekitar 70 tenan makanan dan minuman dari Solo akan turut menyemarakkan perhelatan. Sedangkan ketiga, yang ingin diangkat adalah kebudayaannya. Dari segi konten nantinya adalah Festival Kain Nusantara, dan penampilan khas Pura Mangkunegaran berupa tarian. Melalui tiga aspek itu, pariwisata Solo diharapkan lebih terdongkrak dan acara menjadi kegiatan tahunan.

Co Founder Mangkunegaran Jazz Festival, GRAj Ancila Sura Marina Sudjiwo mengemukakan, tarian akan disuguhkan oleh sanggar tari Kinarya Soeryo Sumirat yang merupakan grup tari kontemporer perpaduan heritage dan modern.

"Tampilan khas Mangkunegaran dalam bentuk tradisional juga akan ditampilkan," ungkap Ancila Sura.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1699 seconds (0.1#10.140)