BPN Prabowo-Sandi Khawatirkan Apel Kebangsaan Disusupi Kampanye

Kamis, 14 Maret 2019 - 19:26 WIB
BPN Prabowo-Sandi Khawatirkan Apel Kebangsaan Disusupi Kampanye
Direktur Materi dan Debat BPN Prabowo-Sandi, Sudirman Said (tengah) saat memberi keterangan pers di Posko Pamularsih, Semarang, Kamis (14/3/2019). FOTO /SINDOnews/Ahmad Antoni
A A A
SEMARANG - Kegiatan Apel Kebangsaan yang akan digelar di Lapangan Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah pada Minggu (17/3/2019), mendapat sorotan tajam dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

BPN mengkhawatirkan apabila kegiatan yang diprakarsai Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng tersebut akan disusupi agenda kampanye yang tidak sesuai aturan.

Direktur Materi dan Debat BPN Prabowo-Sandi, Sudirman Said menegaskan, pihaknya tidak mempermasalahkan ketika kegiatan yang bertajuk ‘Kita Merah Putih’ itu benar ada unsur kampanyenya. Namun tentunya dijalankan sesuai aturan

“Apel minggu (Apel Kebangsaan), kita tentu belum tahu apa yang akan terjadi. Akan tetapi, pengerahan aparatur sipil negara (ASN), maupun perangkat-perangkat pemerintahan di hari-hari terakhir Pemilu itu mesti dilihat dengan cermat,” tegas Sudirman saat jumpa pers di Posko Pemenangan Prabowo-Sandi, Jalan Pamularsih Semarang, Kamis (14/3/2019).

“Kalau ternyata itu kampanye, nggak apa-apa juga. Tapi sumber dananya kan harus datang dari pasangan calon atau tim kampanye, bukan datang dari APBD. Oleh karena itu silakan nanti dicek, kalau itu datang dari APBD kemudian digunakan untuk kampanye salah satu paslon berarti pelanggaran netralitas. Mudah-mudahan tidak terjadi,” tegasnya.

Untuk diketahui, Pemprov berencana menggelar acara Apel Kebangsaan yang dihadiri berbagai elemen masyarakat sebagai wujud keberagaman Indonesia. Komponen yang dilibatkan, meliputi santri, pramuka, linmas, pekerja, petani, nelayan, pelajar, seniman, mahasiswa, pelajar, tokoh lintas agama hingga olahragawan dan kelompok difabel.

Kegiatan yang akan diikuti sekitar 130.000 massa itu terbagi dalam dua segmen. Pertama, Suara Kebangsaan dan segmen kedua Orasi serta Deklarasi Kebangsaan.

Bakal ada empat panggung untuk acara ini dengan panggung utama di lapangan Simpanglima Lalu panggung di Jalan Pahlawan, Jalan Pandanaran dan Jalan Ahmad Yani. Sejumlah tokoh juga akan naik ke panggung untuk mengisi orasi. Mereka adalah sosok dengan komitmen dan perhatiannya pada pembangunan semangat nasionalisme dan kebangsaan.

Para tokoh tersebut antara lain, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, KH. Maimun Zubair, Habib Luthfi, Gus Muwafiq, KH Munif Zuhri, Prof Mahfud MD, KH Ahmad Daroji, Uskup Rubiatmoko (Keuskupan Agung Semarang), Pendeta Eka Laksa (PGI), Nyoman Suraharta (PHDI), Go Boen Tjien (Matakin) dan Pujianto (Walubi).

Apel Kebangsaan juga akan dimeriahkan pertunjukkan musik dari sejumlah musisi ternama, diantaranya Slank, Letto, Armada, Virza, serta Nella Kharisma. Dan yang tak kalah heboh adalah host-nya, yaitu Vincent-Desta dan Cak Lontong.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.0449 seconds (0.1#10.140)