Lima Situs Warisan Dunia Berbasis Budaya, 3 di Antaranya Ada di Jateng

Kamis, 14 Mei 2020 - 09:30 WIB
loading...
Lima Situs Warisan Dunia Berbasis Budaya, 3 di Antaranya Ada di Jateng
Situs Manusia Purba Sangiran di Sragen merupakan situs penggalian fosil-fosil manusia purba terlengkap di dunia. FOTO/Kemenpar.go.id
A A A
JAKARTA - Istilah situs warisan dunia cukup populer digunakan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Status yang disematkan oleh UNESCO itu merujuk pada tempat yang mencerminkan suatu budaya dan alam, serta benda yang penting keberadaannya bagi umat manusia dan menjadi sebuah warisan penting bagi generasi berikutnya.

UNESCO sendiri menentukan tiga kategori utama dalam penyematan Situs Warisan Dunia ini yakni, kategori situs budaya, alam dan campuran di antara keduanya. Lebih dari 1.000 tempat telah ditetapkan UNESCO menjadi situs warisan dunia beberapa di antaranya ada di Jawa Tengah.

Berikut daftar Situs Warisan Dunia berbasis budaya yang bisa Anda kunjungi untuk destinasi wisata saat liburan nanti.

1. Candi Borobudur
Lima Situs Warisan Dunia Berbasis Budaya, 3 di Antaranya Ada di Jateng

Borobudur ditetapkan menjadi Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada 1991. Candi Buddha terbesar di dunia ini berdiri sangat anggun dan kokoh di atas sebuah bukit yang dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan. Tidak heran bila Borobudur tidak hanya menghadirkan wisata sejarah dan budaya tapi juga pemandangan alam yang mengesankan.

Dalam catatan sejarah disebutkan, Borobudur dibangun pada masa kejayaan Wangsa Syailendra di Pulau Jawa. Diperkirakan Candi Borobudur dibangun pada tahun 800 Masehi, antara kurun waktu 760 dan 830 Masehi. Konon, butuh waktu hingga 75-100 tahun lebih untuk menyelesaikan Candi Borobudur.

Candi ini, pernah juga masuk dalam kategori Tujuh Keajaiban Dunia. Keren bukan! Tidak salah, bila Candi Borobudur menjadi referensi terbaik bagi Anda yang mau liburan ke candi yang terletak di Jawa Tengah ini.

2. Candi Prambanan
Lima Situs Warisan Dunia Berbasis Budaya, 3 di Antaranya Ada di Jateng

Sama seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan juga dikukuhkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1991. Namun, berbeda dengan Borobudur, Prambanan adalah candi peninggalan agama Hindu di Indonesia. Bentuknya yang tinggi, besar namun ramping membuat candi yang satu ini terlihat indah; wajar saja jika Prambanan disebut sebagai salah satu candi terindah di Asia Tenggara.

Candi Prambanan diperkirakan dibangun pada abad ke-9 Masehi. Candi Prambanan erat kaitannya dengan kisah mitologi Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Menurut cerita, Candi Prambanan merupakan sebuah persyaratan yang diajukan oleh Roro Jonggrang kepada Bandung Bondowoso saat melamarnya. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa Hindu yaitu Brahma sang dewa pencipta, Wisnu sang dewa pemelihara, dan Siwa sang dewa pemusnah.

Berlatar dari cerita itu, Anda bisa melihat langsung arca Roro Jonggrang di bangunan candi yang lokasinya berdekatan dengan Candi Borobudur di Jawa Tengah ini. Selain itu, Anda juga bisa melihat pementasan sendratari Ramayana maupun pentas musik jazz tahunan yang sangat populer dan sayang jika dilewatkan begitu saja. (Baca Juga :Melihat Keindahan Arsitektur Masjid Terapung di Indonesia)

3. Situs Manusia Purba Sangiran
Lima Situs Warisan Dunia Berbasis Budaya, 3 di Antaranya Ada di Jateng

Situs Manusia Purba Sangiran merupakan situs penggalian fosil-fosil manusia purba terlengkap di dunia. Tempat ini adalah lokasi terungkapnya sejarah perkembangan manusia purba hingga menjadi manusia modern. Berbagai fosil manusia purba yang ditemukan di antaranya dari genus Meganthropus, Pithecanthropus, dan Homo. Selain itu, ditemukan juga berbagai fosil hewan purba seperti gajah, kuda, dan buaya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0989 seconds (0.1#10.140)