alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Siap Kembali ke Ring, Mike Tyson Dilatih Jawara MMA asal Brasil

Susanto
Siap Kembali ke Ring, Mike Tyson Dilatih Jawara MMA asal Brasil
Mike Tyson berlatih bersama seseorang jawara asal Brasil yang disebut sebagai Sang Guru, Rafael Cordeiro. FOTO/

LAS VEGAS - Niat legenda tinju kelas berat, Mike Tyson untuk kembali ke atas ring bukan isapan jempol. Kini, si Leher Beton tengah berlatih bersama seseorang jawara asal Brasil yang disebut sebagai Sang Guru, Rafael Cordeiro.

Di Brasil, Rafael Cordeiro begitu kental dengan dunia bela diri. Sejak belia, ia mulai menekuni seni bela diri campuran untuk bertahan hidup di lingkungan yang keras di Curitiba.

Cabang yang ia geluti adalah Muay Thai. Sudah tiga kali Cordeiro memenangkan gelar juara Muay Thai Brasil, serta memenangkan Kejuaraan Tudo Vale Internasional. (Baca juga: Presiden UFC Halangi Mike Tyson Naik Ring: Umurmu 53, Tolong Jangan Lakukan Itu!)



Cordeiro kemudian memutuskan kariernya sebagai pelatih di AS dan membuka pusat kebugaran Kings MMA di California. Di sana ia melatih sejumlah nama besar seperti Wanderlei Silva, Mauricio Rua, Lyoto Machida, Fabricio Werdum dan Rafael dos Anjos sehingga dijuluki 'Sang Guru'.

Sang Guru kini memikul tanggung jawab besar untuk mengembalikan kebugaran Mike Tyson seperti semula.

Sementara dalam video latihan yang lain, Mike Tyson memperlihatkan keganasannya sebagai seorang petinju dalam sebuah latihan. Dalam video berdurasi 25 detik, The Baddest Man on the Planet -julukan Tyson- memamerkan hook kiri dan kanan tajam yang di masa jayanya membuat banyak petinju terkapar. Berlatih bersama Rafael Cordeiro, pukulan kerasnya pun masih berisi dengan gerakan yang terlihat sangat baik dan terjaga.

"Apa pun mungkin terjadi ketika Anda cerdas tentang hal itu. Berlatih cerdas. Pulih lebih cerdas," tulis Tyson dalam akun Instagram terverifikasi miliknya (@miketyson). (Baca juga: Lewat Video, Holyfield Balas Ajakan Perang Mike Tyson)

Petinju kelas berat pertama yang memegang sabuk WBA, WBC, IBF, dan juara linier itu dikaitkan dengan sejumlah petinju dalam rangka kembalinya ke ring. Ayah Tyson Fury, John Fury, pemain rugbi Sonny Bill Williams, petinju Inggris Danny Williams, hingga mantan saingannya, Evander Holyfield.

Tyson, yang pensiun dari tinju pada tahun 2005 setelah kalah dari Kevin McBride, kalah dari Holyfield di pertandingan back-to-back pada tahun 1996 dan 1997, dengan pertarungan kedua sangat diingat karena Tyson menggigit telinga Holyfield.

Bulan lalu, berbicara dengan rapper T.I. dalam Instagram Live Story tentang potensi kembalinya ke atas ring, Petinju kelahiran New York City, Amerika Serikat, 30 Juni 1966, tersebut itu mengatakan bahwa telah berlatih selama seminggu terakhir.

Tyson ingin menjalani beberapa pertandingan amal untuk mengumpulkan uang demi membantu tunawisma dan korban narkoba. “Saya berlatih, mencoba masuk ring. Saya akan bertarung lagi dalam beberapa pertandingan ekshibisi dan mendapatkan bentuk tubuh yang bugar."

Tyson yang dikenal sebagai Raja KO, pernah kalah KO di ronde kedelapan dari Lennox Lewis dalam pertarungan di The Pyramid, Memphis, Tennessee, AS, 8 Juni 2002. Setelah pensiun pada 2005 , Tyson mencatat rekor 50 kemenangan (44 menang KO), dan 6 kali kalah. Tapi, Tyson tetap menjadi salah satu kelas berat paling terkenal sepanjang masa.



(abd)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak