Resahkan Warga Jagalan Kendal, Sarang Lebah Raksasa Dibakar

Kamis, 14 Maret 2019 - 07:04 WIB
Resahkan Warga Jagalan Kendal, Sarang Lebah Raksasa Dibakar
Petugas Damkar Kabupaten Kendal saat membakar sarang lebah yang menempel di rumah warga Kampung Jagalan, Desa Kutoharjo, Kaliwungu, Kendal, Rabu (13/3/2019) malam. FOTO/iNews/EDDIE PRAYITNO
A A A
KENDAL - Sarang lebah berukuran besar yang menempel di atap rumah warga Kampung Jagalan, Desa Kutoharjo, Kaliwungu, Kendal memicu keresahan. Setelah dilaporkan, petugas Damkar Kendal akhirnya membakar sarang lebah menggunakan obor.

Sarang lebah ini menempel di rumah Sri Mujiyati. Lebah penghuni berukuran jempol orang dewasa kerap menyerang warga.

Menurut Sri Mujiyati, awalnya tidak tahu ada sarang lebah menempel di atap rumahnya. Dia diberitahu warga yang melihat sarang semakin besar dan kerap menyerang warga.

"Saya sudah meminta warga agar mengambil sarang lebah ini, tapi tidak ada yang berani, takut disengat," kata Sri Mujiyati saat pembakaran sarang lebah, Rabu (13/3/2019) malam.

Keberadaan sarang lebah itu lalu dilaporkan ke otoritas setempat. Mendapat laporan, petugas pemadam kebakaran akhirnya datang. Mereka mengenakan pakaian rapat agar tidak ikut tersengat lebah.

Operasi tangkap tawon ini sengaja dilakukan malam hari untuk menghindari serangan lebah yang ukurannya besar. Dalam aksinya, petugas membawa obor untuk menghalau lebah saat sarang diambil.

Kasi Opsdal Damkar Kendal Saeful Huda mengatakan, ukuran sarang lebah ini cukup besar. Posisinya berada di sela-sela atap rumah, sehingga cukup menyulitkan. Biasanya jika sarang berada di lokasi terbuka, maka akan lebih mudah mengambilnya dengan membakar sarang.

Namun karena posisinya berada di sela-sela atap, petugas harus mengambil sarang dengan tangan. "Obor berguna untuk melindungi petugas saat melakukan pemusnahkan sarang lebah. Petugas lain juga bersiap di bawah dengan menyemprotkan air jika api membesar saat membakar sarang lebah," katanya.

Sarang lebah lebah yang dimusnahkan kemudian dibakar agar tidak lagi menyerang warga. Petugas juga membersihkan lebah yang keluar dari sarang dan jatuh ke pemukiman warga.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7819 seconds (0.1#10.140)