400 Prajurit Yonarmed Magelang Siap Amankan Perbatasan RI-Timor Leste

Rabu, 13 Mei 2020 - 21:36 WIB
loading...
400 Prajurit Yonarmed Magelang Siap Amankan Perbatasan RI-Timor Leste
Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi saat mengecek kesiapan Satgas Pamtas Republik Indonesia-Republik Demokratik Timor Leste (RI-RDTL), di Mako Yon Armed 3/105 Tarik, Magelang, Rabu (13/5/2020). FOTO/Dok Pendam IV/Diponegoro
A A A
MAGELANG - Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi melakukan pengecekan guna memastikan kesiapan Satuan Tugas Operasi Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Republik Indonesia-Republik Demokratik Timor Leste (RI-RDTL), di Markas Komando Batalyon Armed 3/105 Tarik, Magelang, Rabu (13/5/2020).

Anggota Satgas sebanyak 400 prajurit ini sebelumnya telah menyelesaikan latihan pratugas di tiga tempat berbeda yaitu Wonosegoro, Kabupaten Boyolali; Kedungjati, Kabupaten Grobogan, dan Bancak, Kabupaten Semarang.

Pangdam menekankan kepada prajurit Yonarmed-3/105 agar nantinya menjaga kondusivitas wilayah perbatasan, khususnya pada aspek keamanan dan kehidupan masyarakat secara wajar dan normal harus dilaksanakan sesuai dengan kaidah hukum Internasional. Sedangkan penyelesaian masalah sosial perlu dilakukan dengan pendekatan budaya dan adat istiadat setempat.(Baca Juga: Pangdam Diponegoro Minta Prajurit Tak Mudah Terhasut Berita di Medsos)

"Pahami adat istiadat dan kebiasaan masyarakat di daerah penugasan dengan berpedoman pada Delapan Wajib TNI. Pahami dan kuasai medan, serta situasi yang berlaku di daerah operasi dari kemungkinan terjadinya ancaman, untuk mengeliminir kerugian personel dan materiil," kata Pangdam .

Di akhir amanat, Pangdam berpesan kepada seluruh prajurit agar tetap menjaga kesehatan dan selalu berserah diri kepada Tuhan YME dalam setiap kondisi apapun.(Baca Juga: Kodam IV/Diponegoro Kirim Pasukan Yonzipur 4/TK ke Lombok NTB)
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.1969 seconds (0.1#10.140)