Lagi, Hujan-Angin Kencang Tumbangkan Puluhan Pohon

Rabu, 13 Maret 2019 - 19:01 WIB
Lagi, Hujan-Angin Kencang Tumbangkan Puluhan Pohon
Rumah warga di Karanggeneg, Purwobinangun, Pakem yang rusak usai hujan disertai angin kencang yang terjadi Rabu (13/3/2019) sore.FOTO/Dok BPBD Sleman
A A A
SLEMAN - Hujan deras disertai angin kencang kembali terjadi di wilayah Sleman , Rabu (13/3/2019) pukul 14.00 WIB. Akibatnya beberapa bangunan rusak dan pohon tumbang. Data badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Sleman mencatat pohon tumbang terjadi di 39 titik
tersebar, di lima kecamatan, yaitu Turi, Pakem, Ngaglik, Ngempak dan Kalasan.

Masing-masing, delapan titik di Turi, 23 titik di Pakem, enam titik di Ngempak serta masing-masing satu titik di Ngaglik dan Kalasan. Pohon tumbang di Turi terjadi di Daren, Karanganyar, Randusongo dan Dukuh, Desa Donokerto, Ganggong, Desa Bangunkerto serta Projayan dan Kopen Desa Wonokerto.

Pohon tumbang di Pakem terjadi di Bunder, Pulowatu, Perum Kehutanan, Sembung, Srowolan Karanggeneng, Pelem dan Pelem Senden, Desa Purwobinangun. Kemudian di Trojayan, Blembem, Blembem Kidul, Tebonan, Pelem, dan Pojok, Desa Harjobinangun. Pelem, Gunungsari.
Baratan dan Margorejo-Nepen, desa Candibinangun.

Pohon tumbang di Ngemplak terjadi di Jalan Kaliurang Km 16 Kledokan dan Ngemplak, desa Umbulmartani.Karanganyar dan Wonolela, Widodomartani. Untuk kecamatan Ngaglik terjadi di Balong desa Donojaro dan untruk kecamatan Kalasan terjadi di Jetal, desa Selomartani.

Pohon tumbang tersebut bukan hanya melintang di jalan, namun juga menimpa rumah, jaringan listrik dan kendaraan. Untuk angin kencang, juga merusak beberapa banguan rumah, termasuk atap pasar Turi juga beterbangan.

“Itu data sementara yang masuk di Pusdalops BPBD Sleman pada pukul 17.25 WIB,” kata kepala bidang kedaruratan dan logistik BPBD Sleman Makwan, Rabu (13/3/2019) sore.

Makwan menjelaskan sebagai tindaklanjut atas kejadian tersebut, petugas tim reaksi cepat (TRC) BPBD Sleman langsung menuju lokasi dan bersamad dengan relawan, instansi terkait dan warga setempat melakukan evakuasi pohon yang tumbang dan rumah yang rusak. “Karena masih dalam proses assesment dan penanganan, sehingga belum mengetahui kerugian dampak kejadian ini,” terangnya.

Sebelumnya BMKG telah mengeluarkan peringatan dini terhadap potensi terjadinya hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin yang akan terjadi pada pukil 14.05 hingga 16.00 WIB. Untuk wilayah Sleman, di antaranya akan terjadi di wilayah kecamatan Cangkringan, Pakem, Turi dan Tempel.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8338 seconds (0.1#10.140)