Ganjar Pranowo Dorong Pengembangan Produk Khas Daerah Jateng

Rabu, 13 Maret 2019 - 17:38 WIB
Ganjar Pranowo Dorong Pengembangan Produk Khas Daerah Jateng
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menghadiri Musrenbangwil 2019 se-eks Karisidenan Pekalongan di Pendopo Kabupaten Batang, Rabu (13/3/2019). FOTO/iNews/SURYONO SUKARNO
A A A
BATANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Gubenur Taj Yasin beserta menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Wilayah (Musrenbangwil) 2019 se-eks Karisidenan Pekalongan di Pendopo Kabupaten Batang, Rabu (13/3/2019).

Dalam kegiatan tersebut, juga digelar pameran potensi daerah yang menampilkan produk-produk unggulan baik berupa kerajinan maupun kuliner. Sebelum memimpin kegiatan Musrenbangwil, Ganjar menyempatkan meninjau stan-stan pameran yang dididirkan di depan halaman Pendopo.

Ganjar sempat mengunjungi stan milik Kabupaten Batang, Kota/Kabupaten Pekalongan, Pemalang, Kota/Kabupaten Tegal, dan Brebes. Ganjar tertarik dengan aneka produk kerajinan, seperti kopi khas Batang, makanan olahan emping, krupuk ikan, batik, tenun dan lainnya.

"Ini bagus sekali, menarik. Tolong ambilkan satu, akan saya pamerkan di depan nanti untuk sampel," kata Ganjar.

Selanjutnya, di hadapan para tamu undangan dan peserta Musrenbangwil, Ganjar mengatakan bahwa produk-produk unggulan daerah apabila dikemas dengan baik akan lebih menarik dan tidak kalah dengan produk luar negeri.

"Setiap kali musrenbang pasti ada pamerannya. Jadi saya mau tampilkan di sini produk-produk menarik yang dimiliki oleh masyarakat. Sebenarnya mereka punya kreativitas yang sangat luar biasa. Daerah-daerah punya inovasi untuk mengolah limbah, plastik bisa jadi sepatu, tas maka kalau kita bicara reuse, recycle sebenarnya sudah berjalan. Ini menurut Saya kreatif. Kalau kita bisa melakukan recycle semacam ini kita akan mengurangi penggunaan plastik," kata Ganjar.

Menurut gubernur, melalui musrenbangwil, dirinya senantiasa mendorong setiap daerah di Jawa Tengah untuk meningkatkan potensi-potensinya masing-masing. "Kita akan memfasilitasi untuk memasarkan karena para Duta Besar kita kadang meminta apalagi yang bisa kita jual. Kalau listnya tidak ada, ya kita tidak bisa. Maka di kesempatan inilah saatnya mereka bisa menunjukkan produk-produk yang menjadi unggulan daerah masing-masing," kata Ganjar.

Sejumlah peserta pameran mengaku sangat senang dengan adanya pameran produk hasil kreasi warga. "Kopi ini salah satu produk unggulan dari Batang, dan bisa meningkatkan kesejahteraan warga," kata Andri, warga Batang.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3278 seconds (0.1#10.140)