Wajah Jokowi dalam Seni Mural Seniman Kendal

Selasa, 12 Maret 2019 - 15:30 WIB
Wajah Jokowi dalam Seni Mural Seniman Kendal
Seniman Kendal melukis wajah capres Jokowi di dinding rumah warga yang berada di Jalan Alternatif Sukorejo-Temanggung. FOTO/iNews/EDDIE PRAYITNO
A A A
KENDAL - Relawan pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) Joko Widodo-KH Maruf Amin di Kendal menggelar aksi mural sebagai bentuk dukungan. Wajah Jokowi digambar di dinding sebuah rumah warga dengan ukuran besar untuk menarik perhatian dan simpati dari warga yang melintas.

Wajah capres nomor urut 01, Jokowi digambar oleh seniman mural di Jalan Alternatif Sukorejo-Temanggung. Ketua Jejaring Relawan Handal Anak Negeri atau JRHAN Kendal, Heri Meidianto menjelaskan, ide awal mural ini semata ingin menampilkan model kampanye yang lain dari kebanyakan.

Jika biasanya kampanye dilakukan dengan memasang spanduk, baliho, dan stiker, maka JRHAN memanfaatkan pelukis lokal untuk membuat lukisan di dinding atau mural.

"Dengan memanfaatkan muatan lokal dalam lukisan, selain mempercantik juga membuat suasana lain dalam berkampanye," kata Heri Meidianto, Selasa (12/3/2019).

Mural yang memuat kampanye Jokowi dimulai dari Kecamatan Sukorejo dan menjalar ke eks Kawedanan Selokaton. Saat ini ada lima titik strategis yang sudah menggelar kampanye mural dan bertajuk kampung Jokowi

Salah satu seniman mural, Nur Abidin mengatakan, dirinya dan rekan seniman jalanan se-eks Kawedanan Sukorejo memang bagian dari hobi melukis mural. "Mendekati pencoblosan yang tinggal satu bulan lagi ini, saya bersama teman-teman sukarela melukis pasangan Joko Widodo dan Maruf Amin untuk diekspresikan melalu mural," katanya.

Sementara, masyarakat Sukorejo, Erik Wijayanto yang melihat mural Jokowi mengaku ikut senang dan menilai model kampanye ini lebih membawa pesan positif. "Apalagi saat ini banyak kampanye negatif atau informasi hoaks di medsos yang justru meresahkan warga," katanya.

Adanya seni mural tersebut juga bisa dijadikan spot baru untuk ajang swafoto atau sekedar selfie yang menjadi gaya hidup anak milenial.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3798 seconds (0.1#10.140)