alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

UIN Yogya Jajaki Kerja Sama Riset dengan Flinders University Australia

Priyo Setyawan
UIN Yogya Jajaki Kerja Sama Riset dengan Flinders University Australia
Ketua LPPM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Phil Almakim (kiri) bertukar cinderamata dengan Vice President & Executive Dean College of Humanities, Arts & Social Science Flinders University Australia, Vanessa Lemm, beberapa waktu lalu. FOTO/IST

SLEMAN - Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta menjajaki kerja sama dengan Flinders University Australia di bidang penelitian. Selain untuk meningkatkan kualitas pendidikan, kerja sama tersebut juga sebagai langkah UIN Sunan Kalijaga menuju world class university.

Untuk itu, delegasi UIN Sunan Kalijaga yang dipimpin oleh ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Phil Almakim, selama tiga hari, yaitu Rabu-Jumat (6-8/3/2019) melakukan kunjungan ke Flinders University Australia.

Phil Almakin mengatakan, untuk menuju world class university memang bukan hanya dengan meningkatkan kualitas tapi juga harus terus berbenah. Hal ini juga sebagai tuntutan di era global, di antaranya harus mampu melaksanakan tri dharma pengruruan tinggi, baik di tingkat lokal, nasional bahkan internasional.



"Karena itulah kami mencoba menjalin kerja sama dengan bebeberapa perguruan tinggi di tingkat internasional, di antaranya dengan Flinders University Australia ini," kata Phil Almakin soal tujuan kunjungannya ke Australia tersebut di kampus UIN Sunan Kalijaga, Selasa (12/3/2019).

Almakin menjelaskan, kerja sama akan dilaksanakan tahun ini, terutama dalam program riset dan publikasi kolaboratif, pertukaran dosen dan mahasiswa (fellowship project), serta pengabdian masyarakat dalam bentuk KKN.

"Untuk implemetasi program tersebut, kami dan Flinders University Australia akan mengadakan pertemuan di UIN ini, Juli 2019 nanti," katanya.

Menurut Almakin, Flinders University Austarlia menyambut baik rencana kerja sama tersebut karena menjadi bagian dalam peningkatan kualitas akademis di UIN Sunan Kalijaga. Kerja sama ini juga sangat penting untuk Flinders University dalam mengembangkan studi humanities di Asia Tenggara dan Studi Islam Kontemporer.

"Saat ini Flinders telah mengembangkan studi Asia Tenggara, Indonesia merupakan negara utama yang dapat memberi kontribusi arah studi ini. Dalam bidang studi agama dan studi Islam, UIN Yogyakarta akan banyak memberi kontribusi bagi Flinders, karena dalam bidang tersebut belum banyak dikembangkan," katanya.

Sekretaris LPPM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Moh Soehadha menambahkan, kerja sama yang segera diimplementasikan tahun ini, antara lain riset dan publikasi kolaboratif, pengiriman mahasiswa S2 dan S3, fellowship dan pengabdian masyarakat (community engagement).



(AMM)

loading...