Menhub Terjunkan Tim Observasi Boeing 737 MAX 8 ke Garuda dan Lion Air

Selasa, 12 Maret 2019 - 13:08 WIB
Menhub Terjunkan Tim Observasi Boeing 737 MAX 8 ke Garuda dan Lion Air
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat menghadiri kegiatan seminar Nasional Himpuni di Semarang, Selasa (12/3/2019). FOTO/SINDOnews/Ahmad Antoni
A A A
SEMARANG - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerjunkan tim guna melakukan observasi dan penelitian terhadap pesawat Boeing 737 MAX 8 di sejumlah maskapai di Indonesia yang operasionalnya telah dibekukan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya juga menerjunkan tim untuk menilai kelayakan dari pesawat-pesawat tersebut.

"Kemenhub melalui Dirjen Udara telah melakukan grounded sementara terhadap pesawat 737 MAX 8 yang ada di Indonesia," kata Budi seusai kegiatan seminar Nasional Himpuni di Semarang, Selasa (12/3/2019). (Baca Juga: Operasional 10 Boeing 737 MAX 8 Lion Air Dihentikan)

Menhub menyatakan bahwa pesawat jenis itu boleh terbang kembali jika nantinya tidak ditemukan masalah. Akan tetapi sebaiknya ada konsekuensi jika nantinya terdapat temuan dari tim Kemenhub.

"Akan dilakukan dalam satu minggu ini. Kita langsung (periksa) ke pesawatnya, tapi Boeing akan diinformasikan," ungkapnya.

Menurutnya, pemeriksaan pesawat, diperlukan untuk meminimalisir kemungkinan buruk terjadi kembali. "Maskapai Lion (Air) dan Garuda (Indonesia) menyatakan setuju untuk lakukan (pemeriksaan) itu," katanya. (Baca Juga: Pesawat Ethiopian Airlines yang Jatuh dan Lion Air JT610 Satu Tipe)
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.1045 seconds (0.1#10.140)