Panglima TNI, Kapolri hingga Mbah Moen Orasi di Apel Kebangsaan

Selasa, 12 Maret 2019 - 02:12 WIB
Panglima TNI, Kapolri hingga Mbah Moen Orasi di Apel Kebangsaan
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
SEMARANG - Sekitar 130 ribu orang dengan dress code merah putih akan berkumpul pada acara Apel Kebangsaan yang akan digelar pada Minggu, 17 Maret 2019, di Lapangan Simpanglima Semarang, Jawa Tengah. Bertema Kita Merah Putih, acara ini akan dihadiri dari berbagai elemen masyarakat dan terbuka untuk umum.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Tengah, Achmad Rofai mengatakan kegiatan yang digelar pertama kali ini diharapkan bisa menggelorakan semangat nasionalisme pada masyarakat. Acara akan dihadiri oleh seluruh elemen masyarakat sebagai wujud keberagaman Indonesia.

"Apel Kebangsaan ini akan melibatkan seluruh komponen yang ada di Jateng, seperti santri, pramuka, linmas, pekerja, petani, nelayan, pelajar, seniman, mahasiswa, pelajar, tokoh lintas agama hingga olahragawan dan kelompok difabel," ungkap Achmad Rofai di Semarang, Senin (11/3/2019).

Rofai memaparkan, kegiatan akan dibagi dalam dua segmen dan dimulai pukul 06.00 pagi. Segmen pertama yakni Suara Kebangsaan dan segmen kedua Orasi serta Deklarasi Kebangsaan. Terdapat 4 panggung dengan panggung utama di Lapangan Simpanglima, kemudian panggung di Jalan Pahlawan, Jalan Pandanaran dan Jalan Ahmad Yani.

Sejumlah tokoh yang akan mengisi orasi yakni Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, KH. Maimun Zubair, Habib Luthfi, Gus Muwafiq, KH Munif Zuhri, Prof Mahfud MD, KH Ahmad Daroji, Uskup Rubiatmoko (Keuskupan Agung Semarang), Pendeta Eka Laksa (PGI), Nyoman Suraharta (PHDI), Go Boen Tjien (Matakin) dan Pujianto (Walubi).

"Tokoh-tokoh kita pilih karena komitmen dan perhatiannya pada pembangunan semangat nasionalisme dan kebangsaan. Seni dan budaya yang ditampilkan pun yang memperlihatkan keberagaman Indonesia," ujarnya.

Acara ini juga akan dimeriahkan sejumlah artis nasional yakni Slank, Letto, Armada, Virza, Nella Kharisma dengan MC Vincent-Desta dan Cak Lontong. "Selain itu juga ada paduan suara mahasiswa, paduan suara gereja, Tari Saman dari siswa SMA, sholawat Kanzus Habib Ali Zaenal Abidin, dan ada juga Tarian Barongsai,"sebut dia.

Rofai menegaskan bahwa kegiatan Apel Kebangsaan ini tidak ada keterkaitan dengan Pilpres dan Pileg 2019. Bahkan pihaknya juga mengundang KPU dan bawaslu untuk hadir. "Tidak ada atribut yang berkaitan dengan pilpres atau pileg, yang ada hanya merah putih. Semua nanti pakai ikat kepala merah putih. Ini hanya kebetulan saja pelaksanaannya mendekati pemilu, tapi tidak ada kaitannya," tandasnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6940 seconds (0.1#10.140)