Kereta Luar Biasa, Ketika Penumpang KA Seolah Jadi Raja

Rabu, 13 Mei 2020 - 07:56 WIB
loading...
Kereta Luar Biasa, Ketika Penumpang KA Seolah Jadi Raja
Kereta Luar Biasa (KLB) mulai beroperasi hari ini Selasa (12/5/2020). FOTO : IST
A A A
SEMARANG - Kereta Luar Biasa (KLB) mulai beroperasi hari ini Selasa (12/5/2020). Penumpang yang bisa menaiki kereta api (KA) pada KLB harus memenuhi aturan sekaligus menerapkan protokol pencegahan COVID-19 secara ketat.

Terpantau di Stasiun Semarang Tawang Semarang, Selasa (12/5/2020) pukul 14.55 WIB, KLB bersiap membawa penumpang. Kereta api itu berhenti cukup lama, meski di stasiun tak banyak penumpang. Sesuai jadwal sekira pukul 15.10 WIB, KLB berangkat.

Di dalam KLB, hanya terdapat sedikit penumpang. Setiap gerbong KLB, diisi sekira 3 penumpang saja. Mereka duduk berjarak satu sama lain, dengan dipisah bangku-bangku kosong. Para penumpang terlihat mengenakan masker.

Seorang penumpang KLB di Stasiun Tawang, Isac, mengatakan, harus melakukan perjalanan dari Cirebon Jawa Barat menuju Surabaya Jawa Timur. Dia harus menempuh perjalanan panjang untuk keperluan pekerjaan yang tak bisa ditinggalkan.

"(Naik KLB) karena ada perjalanan tugas di swasta (perusahaan swasta)," kata Isac singkat.

Pria yang bekerja sebagai engineering di perusahaan perkapalan itu, menjadi satu-satunya penumpang dari Semarang menuju Surabaya. Tak ada berdesakan maupun riuhnya para penumpang seperti hari-hari sebelumnya. Dengan mudah, dia pun melenggang masuk ke kereta. "Memang mengharuskan (melakukan perjalanan)," ungkapnya.

Sekadar diketahui, penumpang yang bisa menaiki KLB harus lolos pemeriksaan Satgas COVID-19. Masyarakat yang diperbolehkan menggunakan KLB ialah pekerja di pelayanan penanganan COVID-19, pertahanan dan keamanan, kesehatan, kebutuhan dasar, fungsi ekonomi penting, perjalanan darurat pasien atau orang yang memiliki keluarga inti sakit keras atau meninggal, serta repatriasi.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2176 seconds (0.1#10.140)