alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

30 Warga Gunungkidul Akhiri Hidup di Tiang Gantungan

suharjono,
30 Warga Gunungkidul Akhiri Hidup di Tiang Gantungan
Sebanyak 30 warga Kabupaten Gunungkidul nekat gantung diri sepanjang 2018. FOTO/ILUSTRASI/SINDOnews

GUNUNGKIDUL - Satgas Berani Hidup yang dibentuk Pemkab Gunungkidul belum menunjukkan hasil memuaskan. Hingga akhir Desember 2018, tercatat 30 warga GUnungkidul nekat mengakhiri hidup dengan cara gantung diri.

Kasubag Humas Polres Gunungkidul Iptu Anang Prastawa mengatakan, jumlah warga bunuh diri tahun ini sama dengan tahun lalu. Mereka mengakhiri hidup rata-rata dengan seutas tali yang dijeratkan di lehernya. Penyebabnya didominasi gara-gara sakit tidak kunjung sembuh.

"Mudah-mudahan tidak bertambah lagi. Memang mereka kebanyakan depresi karena penyakit," katanya kepada wartawan, Kamis (27/12/2018).



Angka kasus bunuh diri di Gunungkidul sebenarnya terus ditekan. Namun penyadaran kepada masyarakat tidak semudah membalikkan telapak tangan. "Ini memang pekerjaan besar semua pengampu kepentingan," katanya.

Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi mengaku prihatin dengan angka bunuh diri yang masih tinggi di wilayahnya. "Kita berusaha menekan angka bunuh diri. Semua stakeholder sudah kita libatkan, mulai dari Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Desa, serta tokoh masyarakat dan tokoh agama," ujarnya.

Tidak hanya itu, Perda Pencegahan Bunuh Diri juga telah disosialisasikan kepada masyarakat. Harapannya muncul kesadara masyarakat untuk ikut terlibat dalamĀ  mengamati kemudian mendekati dan melaporkan warga yang terindikasi depresi sedini mungkin dilakukan. "Karena sebelum bunuh diri, pelaku terlebih dulu depresi. Makanya saat depresi ini butuh penanganan," katanya.

Untuk itu yang paling mungkin dilakukan adalah pendekatan bagi warga yang sudah mulai terlihat depresi. Jangan sampai dibiarkan sehingga nekat mengakhiri hidupnya. "Mereka yang sudah ada tanda-tanda depresi harus segera didekati, diajak bicara dan dihibur," ujar Immawan.

Ke depan, pemkab akan melakukan evaluasi terkait dengan langkah pencegahan bunuh diri di Gunungkidul. "Ini untuk melakukan langkah ke depan termasuk strategi menekan bunuh diri," katanya.



(AMM)

loading...