Pengabdian Legislator Hendaknya Melibatkan Peran Media

Sabtu, 09 Maret 2019 - 10:50 WIB
Pengabdian Legislator Hendaknya Melibatkan Peran Media
15 legislator berfoto bersama seusai menerima penghargaan dalam Apresiasi Legislator yang digelar PWI Jateng, Jumat (8/3/2019) malam. FOTO/SINDOnews/AHMAD ANTONI
A A A
SEMARANG - Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Tengah, Riena Retnaningrum menyatakan, media memiliki peranan penting dalam mempublikasikan program-program yang dilakukan anggota legislatif, eksekutif maupun yudikatif.

"Setiap anggota legislatif semestinya bersinergi dengan eksekutif serta yudikatif dalam mewujudkan pemerintahan yang akuntabel. Di sisi lain bagaimana pun juga umumnya anggota legislatif mesti berpikir bagaimana menyejahterahkan masyarakat atau konstituennya," kata Riena saat membacakan sambutan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pada acara Malam Apresiasi Legislator Jawa Tengah di Patra Hotel Semarang, Jumat (8/3/2019) malam.

"Sehingga pengabdian tersebut hendaknya selalu dijaga, tentunya dengan melibatkan peran media dalam mempublikasi program yang telah dilakukan," katanya.

Malam apresiasi bagi legislator, kata Riena, diharapkan menjadi salah satu motivasi bagi setiap legislator ataupun calon legislator dalam membangun Jawa Tengah. "Apalagi jika dilihat tupoksi dari legislator ini, mereka memiliki peran sebagai fungsi pengawas dan penganggaran," ujarnya.

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jateng memberikan penghargaan kepada 2 caleg dan 13 legislator di daerah pemilhan (dapil) Jateng dalam Malam Apresiasi Legislator Jateng 2019. Kegiatan ini merupakan salah satu serangkaian Hari Pers Nasional (HPN) ke-73 Tahun 2019.

Menurut Ketua PWI Jateng, Amir Machmud NS, pemberian apresiasi ini pun berlandaskan kinerja dari masing-masing legislator di bidangnya yang dianggap memiliki prestasi dan membekas dihati konstituennya.

"Tak mudah memang memilih 15 legialator dari banyak legislator yang memiliki daerah pemilihan di Jateng. Kita melakukan kristalisasi pilihan dari legislator dan calon legislator ditinfkat Kab/kota, DPRD, sampai DPR RI berdapil Jateng. Penilaian ini kita lakukan seobjektif mungkin berdasarkan kemampuan dibidangnya," papar Amir.

Dia menerangkan, dalam pemilu serentak 2019, masyarakat hanya disuguhkan pada informasi terkait pilpres. Debat di media mainstream atau pun kontroversi dan pemberitaan selalu tentang pilpres.

"Padahal di sisi lain pada Pemilu 2019 juga ada pemilihan legislator. Nah melalui malam apresiasi ini kami ingin memberikan ruang perhatan terhadap para legislator ataupun calon legislator yang akan maju dalam pemilihan umum serentak nanti," ujarnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5494 seconds (0.1#10.140)