Penelitian: Makanan Ultraproses Picu Risiko Kematian Dini

Sabtu, 09 Maret 2019 - 07:40 WIB
Penelitian: Makanan Ultraproses Picu Risiko Kematian Dini
Hasil penelitian di Prancis menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan ultraproses dapat meningkatkan risiko kematian dini. FOTO/Ilustrasi/Natural Solutions Magazine
A A A
PRANCIS - Makanan yang diolah dengan ultraproses dinilai dapat meningkatkan risiko kematian dini. Hasil penelitian di Prancis menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi makanan yang diproses dengan ultraproses dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih tinggi selama periode 7 tahun.

Namun, studi ini hanya menemukan hubungan dan tidak membuktikan bahwa konsumsi makanan yang diolah secara ultraproses menyebabkan kematian dini. Tetapi para peneliti berhipotesis bahwa makanan ini dapat berkontribusi pada rentang hidup yang lebih pendek dalam beberapa cara, misalnya dengan meningkatkan risiko seseorang terhadap penyakit jantung, kanker dan penyakit lainnya.

"Konsumsi makanan ultraproses sebagian besar telah meningkat selama beberapa dekade terakhir dan dapat mendorong meningkatnya beban kematian akibat penyakit yang tidak menular," tulis para penulis dalam studi mereka yang dipublikasikan secara online dalam jurnal JAMA Internal Medicine dan dilansir Fox News, baru-baru ini.

Menurut penelitian, makanan ultraproses adalah makanan yang mengandung banyak bahan dan diproduksi melalui banyak proses industri. Selain gula, garam, lemak, dan minyak, makanan-makanan ini termasuk zat tambahan seperti rasa, warna, pemanis dan pengemulsi. Contoh-contoh makanan ultraproses termasuk makanan ringan kemasan yakni es krim, permen, bar energi, daging olahan, makanan siap saji dan kue kering.

Penelitian sebelumnya telah mengaitkan konsumsi makanan ultraproses dengan peningkatan risiko obesitas, tekanan darah tinggi dan kanker, tetapi tidak ada yang meneliti apakah makanan ini terkait dengan risiko kematian dini. Dalam studi baru, para peneliti dari University of Paris menganalisis data lebih dari 44.000 orang dewasa berusia 45 dan lebih tua yang tinggal di Prancis.

Peserta secara berkala mengisi kuesioner tentang makanan yang mereka makan selama 24 jam sebelumnya dan diikuti selama 7 tahun. Selama masa penelitian, sekitar 600 persen responden meninggal. Rata-rata, sekitar 30 persen dari kalori harian responden berasal dari makanan yang diproses secara ultra. Setiap peningkatan 10 persen dalam proporsi makanan ultraproses dalam makanan responden dikaitkan dengan risiko kematian 14 persen lebih tinggi selama periode studi 7 tahun.

Temuan diadakan bahkan setelah para peneliti memperhitungkan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi risiko kematian seseorang, seperti tingkat pendapatan dan pendidikan, indeks massa tubuh (BMI), aktivitas fisik, kebiasaan merokok, asupan kalori total, konsumsi alkohol, dan riwayat keluarga kanker atau penyakit jantung. Makanan ultraproses dikenal memiliki kadar natrium dan gula yang tinggi serta serat yang rendah; komponen makanan ini pada gilirannya mungkin berkontribusi pada peningkatan risiko penyakit tidak menular, seperti penyakit jantung dan kanker.

Selain itu, penelitian ini ada kemungkinan bahwa bahan kimia yang ditambahkan atau diproduksi selama proses pembuatan dapat memiliki efek berbahaya. Sebagai contoh, beberapa proses yang digunakan untuk mengawetkan daging dapat menghasilkan senyawa yang disebut polycyclic aromatic hydrocarbon (PAHs), yang telah dikaitkan dengan pengembangan kanker. Beberapa senyawa yang digunakan dalam kemasan atau penyimpanan makanan olahan, seperti bisphenol A (BPA) dapat mengganggu aktivitas hormon dalam tubuh.

Namun, para peneliti mencatat bahwa temuan ini harus dikonfirmasi pada populasi lain. Studi tambahan diperlukan untuk memahami bagaimana makanan ultraproses dapat meningkatkan risiko kematian dini.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1540 seconds (0.1#10.140)