alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bupati Minta BDG Perangi Rentenir lewat Bunga Rendah

suharjono,
Bupati Minta BDG Perangi Rentenir lewat Bunga Rendah
Bupati Gunungkidul Badingah saat melihat bangunan baru Bank Daerah Gunungkidul (BDG). FOTO/SINDOnews/Suharjono

GUNUNGKIDUL - Pemkab Gunungkidul meminta bank milik pemkab setempat, Bank Daerah Gunungkidul (BDG) untuk memikirkan masyarakat kecil yang rawan menjadi korban rentenir. Upaya tidak hanya memikirkan keuntungan penting dilakukan sehingga pedagang di Gunungkidul bebas rentenir.

"BDG sekarang sudah memiliki gedung baru megah. Kinerja harus meningkat dan yang penting tidak hanya mengejar keuntungan namun membantu masyarakat terbebas dari rentenir," ungkap Bupati Gunungkidul Badingah usai meresmikan gedung pusat BDG di Wonosari, Jumat (8/3/2019).

Dijelaskannya, saat ini masih banyak pelaku usaha kecil,termasuk pedagang yang menjadi korban rentenir. Modus pelaku rentenir datang ke pasar. "Mereka membujuk dengan syarat mudah namun bunga di atas 10%. Ini harus disikapi. BDG harus bisa mengambil peran dengan kredit murah bagi korban rentenir," ulasnya.



Dia yakin dengan niat yang baik ditopang dengan sumber daya manusia yang juga mumpuni, menjadikan BDG semakin dekat dekat dengan masyarakat dan bisa mengangkat kesejahteraan masyarakat.

Sementara Direktur Utama BDG, Rini Widiyanti mengatakan, saat ini pihaknya menyiapkan bunga ringan bagi pelaku usaha kecil yang menjadi korban rentenir. Melalui proses verifikasi, para korban rentenir disiapkan bunga khusus."Proses sesuai mekanisme perbankan kita siapkan dengan bunga 0,5%," ungkapnya.

Diakuinya, cara rentenir membujuk pelaku usaha kecil memang luar biasa. Namun dia yakin melalui edukasi perbankan yang dilakukan perlahan- lahan bisa melakukan penyadaran masyarakat sehingga terbebas dari rentenir.

Saat ini bank kebanggaan Pemkab Gunungkidul tersebut berhasil membangun gedung tiga lantai dengan anggaran Rp9,6 miliar. Direncanakan semua perlengkapan akan ditambah dan disiapkan anggaran total Rp15 miliar dan saat ini BDG telah memiliki aset lebih dari Rp400 miliar.



(nun)

loading...