Cerita Yeni Endah, Difabel asal Semarang Juara Menulis Pilpres 2019

Jum'at, 08 Maret 2019 - 13:21 WIB
Cerita Yeni Endah, Difabel asal Semarang Juara Menulis Pilpres 2019
Yeni Endah tampak sumringah atas prestasinya menjuarai lomba menulis tentang Pilpres 2019. FOTO/IST
A A A
SEMARANG - Senyum ramah Yeni Endah menyambut kedatangan kami di rumah sederhana yang terletak di Jalan Jati Selatan VI Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Jumat (8/3/2019). Sambil duduk di kursi roda, perempuan berusia 32 tahun yang divonis mengidap penyakit penurunan fungsi otot, jaringan saraf, dan sumsum tulang belakang atau friedreichs ataxia itu terlihat sangat ceria meski memiliki keterbatasan.

Keterbatasan yang dimiliki sejak kecil tersebut tidak menghalanginya untuk berkarya. Terbukti, ia mampu menjuarai lomba menulis tentang Pilpres 2019 yang diselenggarakan salah satu lembaga tingkat nasional bertajuk Blogger Cerdas Menulis, Rakyat Cerdas Memilih itu.

"Alhamdulillah, saya mendapat juara satu kategori tema penulisan tentang difabel. Pengumumannya baru tanggal 7 Maret kemarin," kata Yeni mengawali obrolan.

Capaian tersebut membuat putri ketiga pasangan Fadholi dan Sri Rochmiyatun ini semakin semangat untuk berkarya. Apalagi, selain dari keluarga, teman dan saudara, Yeni mendapat suntikan semangat dari orang nomor satu di Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Semangat itu diberikan Ganjar saat dirinya mengikuti acara di gedung Gradhika Bhakti Praja, belum lama ini. Saat itu, ia diberi hadiah laptop oleh Ganjar.

"Ini laptop pemberian Pak Ganjar. Dari laptop inilah saya menulis dan tulisan saya menjadi pemenang dalam ajang itu. Senang sekali rasanya mendapat perhatian dari Pak Gubernur, dan laptop ini sangat membantu saya untuk berkreasi," tuturnya.

Sebelum mendapat laptop dari Ganjar, Yeni mengaku menulis dengan laptop pinjaman. Kegiatannya itu sempat terhenti karena laptop pinjamanannya itu mengalami kerusakan.

"Setelah dapat laptop dari Pak Ganjar, saya seperti hidup lagi. Saya terus semangat menulis dan mengikuti sejumlah lomba-lomba," kata perempuan kelahiran Semarang, 10 Januari 1987 itu tersenyum.

Meski mengalami keterbatasan, tapi Yeni merupakan penulis yang sangat produktif. Tercatat dirinya sudah memiliki 14 antologi dan beberapa tulisannya dimuat di media massa.

Ia juga pernah menjuarai beberapa ajang lomba menulis. Seperti ajang Lomba Menulis Indonesia Rare Disorders dan lomba menulis Good News From Indonesia pada 2018 lalu.

Selain itu, perempuan yang aktif di Komunitas Sahabat Difabel Semarang (KSD) ini juga aktif menulis di blog pribadinya. "Saat ini saya sedang ngebut menyelesaikan buku solo saya. Nanti kalau sudah selesai, orang pertama yang saya kasih adalah Pak Ganjar sebagai rasa terima kasih saya kepada beliau," katanya.

Ia pun berharap dukungan pemerintah terhadap penyandang disabilitas terus ditingkatkan. Menurutnya, teman-teman difabel memiliki potensi luar biasa jika diberi kesempatan. "Saya juga mengajak teman-teman difabel untuk terus berkarya demi masa depan yang lebih baik," katanya.

Dalam beberapa kesempatan, Gubernur Ganjar Pranowo memang concern terhadap penyandang disabilitas. Setiap menggelar Musrenbang, pria berambut putih tersebut memang selalu melibatkan penyandang disabilitas untuk didengarkan masukannya.

Ia juga selalu mengapresiasi dan memberikan bantuan kepada para penyandang disabilitas. Di beberapa kesempatan, Ganjar bahkan ikut memasarkan produk-produk unggulan karya sahabat difabel.

Terbaru, Ganjar memberikan bantuan berupa mesin jahit kepada Roemah D di Semarang. Bantuan itu diberikan Ganjar melalui Baznas untuk membantu para penyandang disabilitas lebih produktif menghasilkan karya yang saat ini semakin banyak dipesan masyarakat.

"Mereka ini (para penyandang disabilitas) tidak butuh dikasihani, tapi mereka butuh karyanya diapresiasi dan dihargai. Kami yakin, bahwa dengan kemampuan yang mereka miliki, mereka mampu menghasilkan karya terbaik karena sebenarnya potensi mereka sangat besar," ujarnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5446 seconds (0.1#10.140)