Bawaslu DIY Indikasikan Puluhan WNA Masuk DPT Pemilu 2019

Jum'at, 08 Maret 2019 - 13:02 WIB
Bawaslu DIY Indikasikan Puluhan WNA Masuk DPT Pemilu 2019
Proses verifikasi faktual yang dilakukan Bawaslu Sleman atas dugaan WNA masuk DPT. FOTO/IST
A A A
YOGYAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mendapatkan informasi adanya puluhan warga negara asing (WNA) yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Mereka tersebar di Sleman, Bantul, Gunungkidul, dan Kota Yogyakarta.

Komisioner Bawaslu DIY Sri Rahayu Werdiningsih mengatakan, pihaknya telah melakukan penelusuran untuk membuktikan dugaan adanya nama-nama WNA yang masuk dalam DPT. "Memang ada dugaan masuk nama-nama WNA dalam DPT. Ini terindikasikan di Sleman, Bantul, Gunungkidul, dan Kota Yogyakarta," katanya kepada SINDOnews, Jumat (8/3/2019).

Menurut Sri Rahayu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Bawaslu kabupaten/kota untuk menindaklanjuti dugaan WNA masuk DPT tersebut. "Ada sekitar 31 nama WNA masuk DPT, semua masih ditelusuri," katanya.

Apabila nanti benar ada nama-nama WNA masuk dalam DPT, maka Bawaslu merekomendasikan untuk dicoret. Namun apabila mereka sudah menjadi WNI, maka hal tersebut sudah sah. "Kita menunggu hasil teman-teman yang melakukan verifikasi faktual di lapangan," katanya.

Sementara, Komisioner Bawaslu Sleman, Ibnu Darpito mengatakan, pihaknya memang sedang menelusuri dugaan puluhan WNA masuk di DPT KPU Sleman. Dari data awal diketahui asal negara serta nama-nama di DPT.

"Kita mulai verifikasi faktual. Dan sebagian besar sudah naturalisasi. Artinya mereka sudah menjadi WNI dan dibuktikan dengan KTP," katanya.

Namun upaya verifikasi masih belum selesai. "Nanti kalau sudah selesai akan kita sampaikan," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.8536 seconds (0.1#10.140)