Resmi Dibuka, 768 Produk UKM Tampil di Bandara Ahmad Yani Semarang

Jum'at, 08 Maret 2019 - 09:21 WIB
Resmi Dibuka, 768 Produk UKM Tampil di Bandara Ahmad Yani Semarang
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat meresmikan Gallery UKM Jateng dan Ruang VIP Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (5/3/2019). Foto/SINDOnews/Ahmad Antoni
A A A
SEMARANG - Gallery UKM Jateng dan Ruang VIP Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah, resmi dibuka oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Selasa (5/3/2019). Di galeri ini, ada 72 UKM dengan 768 produk dan 8.000 buah barang meliputi produk fashion ready to wear, kain, kerajinan tangan, aksesoris, sampai dolanan anak tradisional.

Ganjar Pranowo mengungkapkan, sebagai kontribusi kepada usaha kecil dan mikro, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng memberikan ruang agar mereka bisa berjualan secara gratis tanpa biaya sewa, dengan harapan laku terjual. Harganya pun relatif tak mahal dibandingkan produk lain yang dijual di bandara.

“Setiap bertemu teman apalagi yang lama tidak berkunjung ke Semarang, langsung bilang, edan, bandarane apik tenan. Ini tentu memacu kita untuk makin maju. Semarang maju, Jateng harus lebih maju,” kata Ganjar.

Dia mengungkapkan, cara membuat bahagia pengunjung Bandara selain spot selfie Presiden Joko Widodo naik sepeda, pada galeri UKM juga dibuat spot swafoto dengan gambar Ganjar Pranowo menuangkan kopi ke cangkir blirik yang bisa dipegang pengunjung. Di sisi kiri, ada gambar Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen tengah memegang cangkir blirik sambil tersenyum.

Sekretaris Daerah Provinsi Jateng Sri Puryono menambahkan, pembangunan galeri UKM tersebut didukung APBD Provinsi Jateng. Karenanya, produk yang dipasarkan pun mesti benar-benar berkualitas.

“Saya sudah mewanti-wanti kepada Bu Ema (Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah) bahwa arahan Bapak Gubernur dan Bapak Wakil Gubernur ini bukan mindah gudang. Tapi yang ditampilkan di sini betul-betul qualified. Kecil tapi mendunia, sehingga nilainya sangat tinggi,” ujar Sri Puryono.

Dia membeberkan, Galeri UKM Jateng dibagi menjadi lima zona, yaitu zona fashion, accesories/handycraft, packaging food, food and beverage, dan activity.

“Di depan area galeri dilengkapi photobooth mock up Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur yang secara periodik akan berganti tema, antara lain barista, sate blora, vlogger dan sugeng rawuh,” ujarnya.

Sementara, paska dilaunching, seluruh produk di Galeri UKM Jateng yang berada di Public Hall Pintu Kedatangan Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani bisa didapatkan dengan potongan harga antara 10-15 persen. Pembeli pun bisa mengikuti permainan dengan hadiah menarik.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah Emma Rachmawati menyebutkan, potongan harga diberikan hingga Sabtu (9/3) mendatang. Untuk produk fesyen dikenakan diskon 15 persen. Sementara, produk lainnya didiskon 10 persen.

“Ini memang masih harga promosi. Jadi, manfaatkan promo ini dengan baik. Silakan datang ke Gerai UKM Jateng di Bandara, dapatkan diskonnya dan berbagai hadiah menarik lainnya,” kata Emma.

Untuk menarik pengunjung, pihaknya mengadakan permainan menarik dengan sejumlah hadiah dan contoh produk. Pengunjung juga mendapatkan souvenir pensil hias dan roti bekatul.

“Setidaknya, banyak yang mengenal dulu, di sini ada Galeri UKM lho. Setelah masuk, melihat-lihat, diharapkan ada yang cocok dan dibeli,” kata Emma.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1360 seconds (0.1#10.140)