alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Wabup Gunungkidul Minta Semua Korban Banjir dan Longsor Tertangani

suharjono,
Wabup Gunungkidul Minta Semua Korban Banjir dan Longsor Tertangani
Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi memberikan bantuan secara simbolis untuk korbanntanah longsor di Desa Mertelu, Gedangsari. FOTO/SINDOnews/Suharjono

GUNUNGKIDUL - Banjir dan tanah longsor di Gunungkidul menjadi bencana bagi Pemkab Gunungkidul. Wakil Bupati Immawan Wahyudi langsung turun meninjau lokasi bencana dan memberikan arahan untuk tanggap darurat.

"Pertama saya meminta semua korban banjir dan longsor tertangani. Jangan sampai bantuan permakanan dan logistik tidak sampai atau tidak merata,"ungkapnya kepada wartawan, Kamis (7/3/2019).

Dijelaskannya, selain logistik selanjutnya juga perlu dipikirkan lokasi pengungsian yang terjamin baik keamanan dan juga berkaitan dengan kesehatan pengungsi. Begitu juga dengan pembersihan area berdampak.



"Sangat penting untuk gerakan membersihkan rumahwarga setelah tergenang agar bisa segera dihuni. Namun yang terkena longsor, perlu upaya pembersihan besar besaran termasuk perbaikan rumah," ulasnya.

Untuk itu kata Immawan, pendataan sangat penting dilakukan untuk melihat sejauh mana kerugian akibat banjir dan tanah longsor.

Kepala PelaksanaBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan saat ini pihaknya masih fokus pada bantuan logistik dan juga penanganan pertama, termasuk membersihkan sisa banjir dan material longsor. Kemudian dilanjutkan dengan pendataan kerugian akibat banjir dan tanah longsor.

"Kita akan data kerugian.saat ini tim masih fokus penanganan warga yang terkena musibah ini, " katanya.

Dia berharap, warga masyarakatyang beradadi sekitar Sungai Oya sertadi area bukit rawan longsor untuk meningkatkan kewaspadaan. Ini lantaran curah hujan sulit diprediksi. "Terlebih hujan deras di sisi utara Gunungkidul yang rawan menjadikan banjir di Sungai Oya," pungkasnya. (Baca juga: Banjir dan Tanah Longsor di Gunungkidul, 60 Warga Masih Mengungsi)



(nun)

loading...