Layar Running Text yang Kampanyekan Capres Tak Diakui Milik Bank

Kamis, 07 Maret 2019 - 06:45 WIB
Layar Running Text yang Kampanyekan Capres Tak Diakui Milik Bank
Layar running text di tepi Jalan Raya Setia Budi Semarang diduga diretas diisi dengan tulisan ajakan memilih pasangan capres Prabowo-Sandi. FOTO/Instagram/@PORTALSEMARANG
A A A
SEMARANG - Layar running text di tepi Jalan Raya Setia Budi Semarang Jateng, berisi ajakan memilih pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tak diakui milik bank swasta di tempat tersebut. Papan informasi itu diduga diretas (hacked) oleh tangan-tangan jahil yang tak bertanggung jawab.

"Running text itu bukan milik kami. Mungkin milik toko-toko yang ada di sebelah bank kami. Kalau kami enggak punya running text seperti itu," ujar Branch Manager Bank Muamalat, Anshar, Rabu (6/3/2019) petang.

Dia pun menyampaikan, meski papan running text berada di depan kantornya namun pihak tidak tahu-menahu tentang peristiwa yang menghebohkan jagad maya sejak pagi. Bahkan, dia juga tidak menerima laporan dari karyawannya terkait kejadian itu.

"Saya malah belum tahu. Tahu-tahu ya dari media. Yang pasti running text itu bukan milik kami. Mungkin saja milik penginapan di dekat bank kami ini," ujarnya. (Baca Juga: Giliran Running Text Bank di Semarang Diretas untuk Kampanye Capres)

Sebelumnya diberitakan, dugaan peretasan sistem running text kembali terjadi di kawasan Srondol, Kota Semarang. Sama yang terjadi di Puskesmas Srondol, pelaku juga mengganti isi pesan yang tertera di layar running text itu dengan kata-kata berisi ajakan memilih pasangan calon (paslon) nomor urut 02 pada Pilpres 2019, yakni Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Informasi peretasan running text, pertama kali diunggah pemilik akun Instagram @dastan_garsiv yang kemudian dikirim dan di-repost akun @portalsemarang. Dalam unggahannya, akun @portalsemarang menayangkan video berdurasi sekitar 10 detik yang telah disensor.

"6/3/2019: 08.15. Dan terjadi lagi namun beda lokasi dan sangat strategis untuk dibaca (pinggir dalan). Running text di salah satu bank di srondol diretas. Isi tulisan sama dengan terjadi di Puskesmas waktu lalu, yang menyampaikan untuk memilih salahsatu paslon presiden," tulis pengunggah video. (Baca Juga: Running Text Puskemas Srondol Diretas Jadi Kampanye Prabowo-Sandi)
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.1364 seconds (0.1#10.140)