Pemprov Jateng Promosikan Produk UKM ke Turki dan Moskow

Kamis, 07 Maret 2019 - 01:00 WIB
Pemprov Jateng Promosikan Produk UKM ke Turki dan Moskow
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menerima Kepala Disperindag Provinsi Jateng Arif Sambodo di Puri Gedeh, Semarang, Rabu (6/3/2019). FOTO/IST
A A A
SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendapatkan undangan untuk mengikuti tiga pameran tingkat internasional, di Turki, Moskow dan Spanyol. Tetapi, karena tahun ini anggarannya hanya untuk dua kegiatan, dipilih dua negara, Turki dan Moskow.

Hal itu disampaikan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menerima Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jateng Arif Sambodo di Puri Gedeh, Semarang, Rabu (6/3/2019).

Di Moskow, pameran akan digelar pada 1 Agustus 2019 yang berlangsung di World Trade Center atau Crowne Plaza Krasnoprenenskaya emb 12 Moscow. Di Turki, pameran bertajuk 88th Izmir International Fair digelar pada 6-15 September 2019 yang akan menampilkan produk tekstil, dekorasi rumah dan kopi atau teh.

Pameran di Spanyol bertajuk Salon De Gourmet pada 8-11 April 2019 yang hanya boleh menampilkan produk food and beverages, Jateng tidak akan turut serta.

"Moskow kita pilih karena mereka sangat tertarik terhadap produk-produk kita. Kita akan siapkan yang di Moskow dulu. Per hari ini sudah harus melakukan korespondensi untuk menawarkan produk kita. Jadi list of product, harga jumlah, kapasitas, dibuat dan minta bantuan Dubes yang di Rusia untuk menawarkan kesana," papar Ganjar.

Dikatakan, untuk Turki, Disperindag juga diminta melakukan korespondensi aktif sekaligus membuat list of product untuk dikirim melalui Dubes Turki di Indonesia. Spanyol sendiri tidak dipilih karena waktunya terlalu mepet.

Terkait produk yang akan dipamerkan maupun dijual, Ganjar menegaskan jika tekstil dari Semarang dan sekitarnya maupun wilayah Soloraya sudah juara. Untuk kopi dan teh, pihaknya pun mendorong agar produk dari UKM itu mendunia. Produk itu akan dibawa ke Mowkow dan Turki agar ikut terdongkrak.

"Semua daerah di Jateng yang memiliki gunung ada kopi. Maka, saya tagih, mana kopimu, mana kacangmu. Termasuk pariwisata juga kita promosikan. Karena, fokus kita lebih pada Trade, Tourism and Investment (TTI). Di Turki dan Moskow akan kita sisipi promo destinasi wisata," tandasnya.

Ganjar juga meminta, Disperindag membuat desain kaos oblong bergambar destinasi wisata di Jateng misalnya Candi Borobudur dengan desain unik dan menarik. Diikuti kata-kata promosi destinasi wisata di Jateng berbahasa Moskow dan Turki.

Kepala Dinas Perundustrian dan Perdagangan Jateng, Arif Sambodo menambahkan, catatan sukses pada pameran di Moskow pada 2017, Yuam Roasted Coffee mendapatkan potensi pembelian untuk produk kopi robusta, arabica dan luwak sebesar US 246 ribu atau Rp 321 juta.

PT Gunanusa Mandiri mendapat potensi pembelian untuk produk kacang tanah, mete, almond sebesar US 222 ribu atau Rp 2,9 miliar. Kemudian, PT Victoria Care Indonesia mendapatkan potensi pembelian untuk produk spa minyak zaitun, minyak essential, body scrub, sabun dan perlengkapan spa lainnya sebesar US 324 ribu atau Rp 4,3 miliar.

"Hingga saat ini, seluruh peserta masih melakukan kontak dagang dengan para buyer dengan sistem B to B. Realisasinya sampai 2018 terus mengalami peningkatan jumlah transaksi," jelasnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7859 seconds (0.1#10.140)