Penuhi Kebutuhan Pangan Warga, Semarang Siapkan Lumbung Kelurahan

Rabu, 08 April 2020 - 22:30 WIB
Penuhi Kebutuhan Pangan Warga, Semarang Siapkan Lumbung Kelurahan
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat menerima donasi paket sembako ASN Pemkot Semarang. Foto: Dok Humas Pemkot Semarang.
A A A
SEMARANG - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi memerintahkan kepada setiap lurah dan camat untuk menyiapkan lumbung kelurahan. Ini untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat agar mereka dapat bertahan di rumah masing - masing.

“Lumbung Kelurahan tersebut nantinya akan menjadi tempat penyimpanan logistik sembako yang didistribusikan oleh Pemerintah Kota Semarang,” kata Hendar Prihadi atau yang akrab disapa Hendi ini, Rabu (8/4/2020.

Hendi menyebut, Pemerintah Kota Semarang akan mendistribusikan sebanyak 200.000 paket sembako ke seluruh wilayah. Distribusi akan dilakukan dalam dua tahap yang dimulai minggu depan.

Di sisi lain, Hendi juga mendorong adanya gotong royong masyarakat untuk ikut membantu. "Kita maksimal minggu depan akan memulai distribusi sembako untuk lumbung kelurahan tahap pertama sebanyak 100.000 paket sembako. Jumlah itu mungkin bisa digunakan untuk warga yang membutuhkan bertahan di rumah masing - masing satu sampai dua minggu," terangnya.

Selebihnya, masyarakat yang mampu diimbau untuk membantu warga sekitar. “Bagi warga yang tergolong sangat mampu didorong untuk mengcover lebih luas lagi," paparnya.

Dengan berjalannya sistem Lumbung Kelurahan di Kota Semarang tersebut, Hendi optimis imbauan kepada masyarakat untuk tetap berada di rumah bisa lebih ditegakkan. "Saya harap upaya pembubaran masyarakat yang bergerombol untuk pulang ke rumah bisa lebih intensif setelah ini. Juga dengan mengaktifkan portal di gang - gang guna membatasi akses yang berlalu lalang, dan lebih mudah mendata masyarakat yang masuk dalam kategori ODP untuk dipantau," pungkasnya.

Sementara itu semangat gotong royong juga terus digalakkan di Kota Semarang untuk menyuplai bantuan sembako bagi warga terdampak covid-19 yang membutuhkan. Salah satunya kontribusi datang dari jajaran ASN di Pemerintah Kota Semarang secara sukarela menyumbangkan gajinya hingga terkumpul sebanyak 33.725 paket sembako.

Puluhan ribu sembako tersebut didistribusikan kepada masyarakat terdampak yang membutuhkan melalui Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Semarang.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.3518 seconds (0.1#10.140)