Banjir dan Longsor Terjang Gunungkidul

Rabu, 06 Maret 2019 - 19:52 WIB
Banjir dan Longsor Terjang Gunungkidul
Akibat hujan deras tanah longsor merusakkan rumah warga di Gedangsari Gunungkidul. FOTO/SINDOnews/Suharjono
A A A
GUNUNGKIDUL - Hujan deras yang terjadi di Gunungkidul sore tadi menyebabkan air Sungai Oya meluap. Imbasnya beberapa jembatan dilaporkan rusak dan terjadi tanah longsor di beberapa titik.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul Edy Basuki mengatakan, hujan deras yang mengguyur sejak siang hari ke jadikan luapan air di beberapa alur Sungai Oya yang melintas di beberapa kecamatan. Di Gedangsari, luapan Sungai Oya menyebabkan dua sekolah terendam. Masing-masing di SMKN Gedangsari serta TK negeri Gedangsari yang berada di Hargomulyo. Selain itu di Desa Bertemu juga dilaporkan terjadi tanah longsor di Dusun Batur Turu.

"Satu jembatan juga dilaporkan putus. Saat ini tim reaksi cepat masih di lokasi melakukan pengecekan," ungkapnya saat dihubungi SINDOnews, Rabu (6/3/2019) malam.

Dijelaskannya, upaya pendataan masih terus dilakukan. Hal ini lantaran beberapa wilayah mulai masukdata kondisi di lapangan. Di antaranya di Desa Natah Kecamatan Nglipar kemudian di Desa Kampung Kecamatan Ngawen serta Desa Rejosari Kecamatan Semin. "Laporan masuk tanah longsor. Namun data belum pasti, kita masih pastikan," tandasnya.

Edy memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa sore hingga petang hari ini. Namun demikian pihaknya berusaha melakukan update data. "Kalau di Gedangsari air mulai surut. Gedung sekolah juga aman karena airnya sudah surut, nah kerugian juga dialami petani karena banyak areal pertanian di pinggir sungai yang terendam," pungkasnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2105 seconds (0.1#10.140)