DPRD Salatiga Minta PDAM Bebaskan Tagihan Pelanggan Rumah Tangga A

Rabu, 08 April 2020 - 10:00 WIB
DPRD Salatiga Minta PDAM Bebaskan Tagihan Pelanggan Rumah Tangga A
DPRD Salatiga meminta PDAM untuk membebaskan pembayaran tagihan rekening air bersih bagi pelanggan rumah tangga A dan ketegori sosial selama tiga bulan. FOTO/IST
A A A
SALATIGA - Ketua DtaPRD Kota Salatiga Dance Ishak Palit meminta PDAM untuk membebaskan pembayaran tagihan rekening air bersih bagi pelanggan rumah tangga A dan ketegori sosial selama tiga bulan. Ini untuk meringankan warga kurang mampu yang perekonomiannya terdampak pandemi virus corona (Covid-19) dan golongan sosial.

"Saya sudah berkomunikasi dengan Pak Wali (Wali Kota Salatiga) dan Direktur PDAM soal usulan ini (pembebasan tagihan rekening). Pak Wali dan PDAM menyetujuinya," kata Dance, Selasa (7/4/2020).

Dance berharap pembebasan pembayaran tagihan rekening air bagi pelanggan rumah tangga A dan golongan sosial bisa direalisasikan mulai April 2020. Kemudian, kata dia, kebijakan tersebut akan dievaluasi kembali menyesuaikan perkembangan pandemi Covid-19 dan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Pembebasan tagihan rekening air bersih ini diberlakukan selama tiga bulan. Jika direalisasikan mulai April, maka kebijakan tersebut diberlakukan hingga Juni 2020. Kami juga akan mengkaji pemberian subsidi atau diskon bagi pelanggan rumah tangga B," ujarnya.

Lebih jauh Dance mengungkap, menyusul adanya kebijakan tersebut, PDAM bisa mengurangi setoran bagi hasil laba yang disetorkan ke kas daerah yang besaran nominalnya disesuaikan dengan pembebasan tagihan rekening air bersih bagi pelanggan rumah tangga A.

"Setiap tahun PDAM memiliki kewajiban menyetorkan bagi hasil laba ke kas daerah. Untuk tahun depan, setoran bagi hasil laba bisa dikurangi sesuai nominal pembebasan tagihan rekening rumah tangga A," paparnya.

Menurut Dance, berdasarkan data dari PDAM, jumlah rumah tangga A sebanyak 542 pelanggan. Sedangkan kategori sosial, seperti masjid, gereja dan lainnya sebanyak 745 pelanggan. "Jadi total pelanggan yang akan kita bebaskan tagihan rekeningnya sebanyak 1.287 pelanggan," ucapnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5240 seconds (0.1#10.140)