alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bayi Laki-Laki Berumur 6 Jam Dibuang di Pangkalan Mobil Pikap Salatiga

Angga Rosa
Bayi Laki-Laki Berumur 6 Jam Dibuang di Pangkalan Mobil Pikap Salatiga
Anggota Polres Salatiga membawa bayi laki-laki yang ditemukan di pos pangkalan mobil pikap ke Puskesmas Gedangan untuk mendapatkan perawatan medis. FOTO/ISTFoto/IST

SALATIGA - Warga Karangrejo RT 03/RW 03 Kecandran, Sidomukti, Kota Salatiga digemparkan oleh penemuan bayi laki-laki yang dibuang di pangkalan mobil pikap, Rabu (6/3/2019). Diduga, bayi tersebut sengaja dibuang oleh orang tuanya.

Kasubbag Humas Polres Salatiga AKP Joko Lelono menuturkan, bayi malang itu, ditemukan Mulyo Cahyono (40), warga Karangrejo RT 03/RW 03 Kecandran sekitar pukul 07.30 WIB. Saat itu, lelaki yang bekerja sebagai sopir itu sedang berada di sekitar pangkalan mobil pikap. Kemudian melihat plastik warna hitam tergelatak di bangku pangkalan.

"Setelah diamati ternyata ada yang bergerak dari dalam plastik itu. Kemudian saksi memeriksa plastik dan membukanya. Ternyata berisi bayi berjenis kelamin laki-laki yang diperkirakan belum lama lahir. Selanjutnya, saksi meminta bantuan warga dan melaporkan penemuan bayi ke polisi," katanya, Rabu (6/3/2019).



Mendapat laporan tersebut, anggota Polsek Sidomukti, SPKT, Unit PPA Polres Salatiga langsung mendatangi lokasi penemuan bayi untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Selanjutnya bayi dibawa ke Puskesmas Gedangan, Tuntang, Kabupaten Semarang untuk diperiksa kondisinya.

Dia menjelaskan, berdasarkan keterangan tenaga medis Puskesmas, bayi dengan berat 1,2 kg dan panjang 38 cm itu, diperkirakan lahir lebih kurang 6 jam sebelum ditemukan. Tali pusar sudah dipotong tapi tidak rapi dan plasenta berada di dalam tas plastik bersama bayi. Setelah diperiksa di Puskesmas, kemudian bayi di bawa ke RSUD Salatiga untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut.

"Kasus ini ditangani oleh Unit PPA Polres Salatiga dan masih dalam penyelidikan. Dari TKP, petugas mengamankan sejumlah barang bukti antara lain plastik warna hitam, satu potong baju dewasa warna hijau abu-abu yang digunakan untuk membungkus bayi dan satu boneka panda warna hitam putih," katanya.



(AMM)

loading...