alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ajax Hancurkan Dominasi Real Madrid di Liga Champions

Yova Adhiansyah
Ajax Hancurkan Dominasi Real Madrid di Liga Champions
Pemain Ajax merayakan kemenangan atas Real Madrid dalam leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Santiago Bernabeu, Rabu (6/3/2019) dini hari WIB. FOTO/ftw.usatoday.com

MADRID - Real Madrid secara mengejutkan terusir dari perburuan trofi Liga Champions 2018/2019 setelah dikalahkan Ajax Amsterdam dengan skor 1-4. Los Blancos tak mampu berbuat banyak melawan tim besutan Erik ten Hag pada leg kedua 16 besar meski bermain di Santiago Bernabeu, Rabu (6/3/2019) dini hari WIB.

Berkat kemenangan ini, secara otomatis Ajax berhasil merebut tiket perempat final setelah menang agregat 5-3 atas Madrid. Kekalahan yang menimpa anak asuh Santiago Solari tak lepas dari absennya Sergio Ramos.

Bek berpengalaman yang juga kapten tim itu harus absen lantaran terkena akumulasi kartu kuning. Ketidakhadiran Ramos sangat berdampak pada lini pertahanan Madrid.



Bahkan statistik menyebut saat Madrid tidak diperkuat Ramos di Liga Champions, El Real selalu kalah dan itu benar-benar terbukti di pertandingan ini. Dalam waktu 18 menit Ajax sukses mencetak dua gol sekaligus membalikkan keadaan menjadi 2-3.

Dua gol cepat tim tamu masing-masing dicetak Hakim Ziyech (7) dan David Neres (18). Adalah Dusan Tadic, yang menjadi aktor di balik proses kedua gol tersebut. Berkat umpan akuratnya, rekan setimnya mampu menggetarkan gawang tuan rumah yang dikawal Thibaut Courtois.

Madrid mencoba untuk merespon dua gol cepat yang dicetak tim tamu, namun 10 tendangan percobaan yang mengarah ke kiper Andre Onana tak mampu menggetarkan gawang Ajax. Ajax pun berhasil menjaga keunggulan 2-0 di interval pertama.

Alih-alih ingin memperkecil kedudukan di babak kedua, Madrid justru kembali kebobolan di menit 62 melalui gol yang dicetak Tadic. Berawal dari umpan datar Donny van de Beek, Tadic yang lepas dari pengawalan pemain bertahan melepaskan tendangan keras kaki kiri yang tak mampu ditepis Courtois.

Statistik menyebut jika Tadic telah mencetak enam gol dan empat assist di Liga Champions musim ini. Dan, dia menjadi pemain kedua Ajax yang mencetak enam gol di Liga Champions sejak Jari Litmanen (1994-95 dan 1995-96).

Madrid baru bisa membuka keran gol pada menit 70 melalui Marco Asensio. Namun harapan itu kembali buyar lantaran Ajax untuk keempat kalinya sukses membobol gawang Courtois melalui Lasse Schoene pada menit 72.

Itu merupakan gol penutup di pertandingan ini. Ajax pun berhak atas tiket perempat final Liga Champions usai menang dengan agregat 5-3.

Bagi Madrid ini merupakan kekalahan terburuk mereka di Liga Champions musim ini. Empat gol yang bersarang ke gawang Courtois merupakan yang pertama sejak babak kualifikasi hingga pertandingan di babak 16 besar Liga Champions.

Ini merupakan pertama kalinya Madrid gagal ke perempat final Liga Champions dalam sembilan musim. Catatan itu semakin diperburuk dengan kekalahan ketiga Madrid secara beruntun di Santiago Bernabeu.



(AMM)

loading...