Warga Pekalongan Siapkan Tempat Karantina Mandiri bagi ODP Corona

Senin, 06 April 2020 - 10:30 WIB
Warga Pekalongan Siapkan Tempat Karantina Mandiri bagi ODP Corona
Warga RW 9 Perumahan Binagriya Indah, Kelurahan Pringrejo, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan bergotong-royong membuat posko khusus penanganan Covid-19. FOTO/iNews/SURYO SUKARNO
A A A
PEKALONGAN - Warga RW 9 Perumahan Binagriya Indah, Kelurahan Pringrejo, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan bergotong-royong membuat posko khusus penanganan Covid-19. Mereka membuat tempat cuci tangan di ujung jalan masuk dan sejumlah titik lain.

Warga secara bergantian juga melakukan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah serta fasilitas umum seperti masjid, pos ronda, dan tempat berkumpul masyarakat. Setiap warga atau tamu yang masuk perumahan, diminta cuci tangan lalu diberikan masker dan diminta menjaga kebersihan serta kesehatan.

Selain itu, ada juga yang istimewa, warga menyiapkan satu rumah khusus untuk tempat karantina. Rumah ini bisa digunakan bagi warga yang masuk kategori orang dalam pemantauan (ODP) corona atau yang baru pulang mudik atau kerja luar kota.

"Warga melakukan aksi ini sebagai bentuk antisipasi semakin merebaknya virus Covid-19 atau corona. Posko kita buka di rumah milik warga yang kebetulan kosong, dan diserahkan secara sukarela untuk posko sekaligus tempat karantina mandiri," kata Subadi, Ketua RW 9 Perumahan Binagriya Indah, Senin (6/4/2020).

Disebutakan, mereka yang dikarantina akan diberikan bantuan makanan, vitamin, pemantauan kesehatan dari tim medis. "Jika menunjukan gejala sakit, maka akan dirujuk ke rumah sakit terdekat dengan diantar langsung tim dari warga," katanya.

Di posko ini juga disediakan obat-obatan, masker, tempat cuci tangan, musala, kamar mandi dan warga yang selalu berjaga selama 24 jam. "Kami berusaha menyiapkan semuanya secara mandiri. Biaya posko Covid ini hasil dari patungan warga secara sukarela," kata Ketua Posko Covid 19 Perumahan Binagriya Indah, Aminnudin. Mereka akan terus menggalang keterliabtan dan kepedulian warga sampai wabah tertangani dan hilang.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5475 seconds (0.1#10.140)