Kemendag Siapkan Strategi Peningkatan Ekspor

Rabu, 06 Maret 2019 - 01:27 WIB
Kemendag Siapkan Strategi Peningkatan Ekspor
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat menjadi pembicara Talkshow Businnes Plan National Festival (BPNF) yang digelar Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga di Balairung kampus tersebut, Selasa (5/3/2019). FOTO/SINDOnews/Angga Rosa
A A A
SALATIGA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyiapkan strategi guna meningkatkan ekspor Indonesia di era industri 4.0. Adapun strateginya adalah fokus terhadap produk industri olahan yang bernilai tambah tinggi, mengelola tata niaga impor dengan lebih baik, meninjau perjanjian perdagangan yang ada, menyelenggarakan forum bisnis dan penjajakan bisnis di negara mitra.

“Di samping itu, juga mengembangkan bidang niaga-el dan ekonomi kreatif, serta memperbaiki kualitas peraturan perdagangan,” kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat menjadi narasumber dalam seminar Business Plan National Festival 1.0 di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Jawa Tengah, Selasa (5/2/2019).

Langkah yang paling nyata adalah dengan mempererat kerja sama dengan mitra-mitra dagang utama. Misalnya dengan Korea, Indonesia mengaktivasi kembali Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement pada 19 Februari 2019. Kemudian, Indonesia juga baru saja menandatangani Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) pada 4 Maret 2019.

IA-CEPA adalah perjanjian perdagangan yang terdiri dari perdagangan barang, perdagangan jasa, investasi, dan kerja sama ekonomi. “Selain menjalin kerja sama perdagangan, Indonesia juga aktif berpartisipasi dalam pameran dagang internasional seperti World Expo di Dubai dan Shanghai,” kata Mendag.

Sedangkan di dalam negeri, kata Mendag, Indonesia setiap tahunnya juga rutin mengadakan Trade Expo Indonesia (TEI). Pada TEI ke-33 yang diselenggarakan tahun lalu, Kemendag berhasil menarik lebih dari 30.000 pengunjung dengan nilai transaksi sebesar USD 8,5 miliar. Lebih jauh Mendag mengatakan, ekspor dan investasi adalah dua hal yang tidak mungkin terpisahkan. Perkembangan investasi Indonesia kini telah mengalami kemajuan dalam beberapa tahun terakhir.

“Daftar negatif investasi yang terakhir diterbitkan pada tahun 2016 telah membuka kesempatan investasi yang lebih besar. Dalam hal kemudahan berusaha, peringkat indeks kemudahan berusaha di Indonesia telah naik ke peringkat 72 pada tahun 2018, dan ditargetkan naik ke peringkat 40 di tahun 2019,” ungkapnya.

Menurut Mendag, Indonesia secara perlahan tapi pasti sedang mengukir reputasi sebagai sebuah ekonomi yang layak diperhitungkan dalam kancah ekonomi global. Perekonomian Indonesia tumbuh rata-rata 5,2%dalam hampir tiga dekade ini. Dengan didukung stabilitas makro ekonomi dan dukungan pemerintahan yang solid, Indonesia kini menempati peringkat ke-16 sebagai ekonomi terbesar di dunia, dan peringkat ke-4 sebagai tempat tujuan investasi terfavorit di dunia.

“Pada tahun 2050, Indonesia diprediksi akan menjadi ekonomi terbesar ke-3 di Asia dan ke-4 di dunia setelah China, India, dan Amerika Serikat. Pemerintah saat ini berkomitmen untuk menyelesaikan pembangunaninfrastuktur di segala bidang untuk mewujudkan proyekasi itu,” tandasnya
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1541 seconds (0.1#10.140)