Hasil Rapid Tes, Satu Lagi Dokter di Batang Positif Covid-19

Minggu, 05 April 2020 - 17:55 WIB
Hasil Rapid Tes, Satu Lagi Dokter di Batang Positif  Covid-19
Bupati Batang Wihaji saat mengunjungi pemudik yang diisolasi mandiri di Desa Pacet Kecamatan Reban, Minggu (5/4/2020). FOTO : Istimewa
A A A
BATANG - Setelah dua orang dinyatakan positif corona hasil Rapid Tes, salah satunya profesinya dokter spesialis rumah sakit swasta. Terkini, ada satu lagi dokter dinyatakan terpapar virus corona jenis baru, Covid- 19 dari hasil rapid test yang dilakukan oleh rumah sakit swasta di Batang.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Wihaji saat mengunjungi pemudik yang diisolasi mandiri di Desa Pacet Kecamatan Reban, Kabupaten Batang, Minggu (5/4/2020).

"Dua orang Batang yang positif Covid-19 kondisinya sudah membaik, hari ini diperbolehkan pulang dari RSUP Dr Kariadi. Selanjutnya mereka melakukan isolasi mandiri dan masih dalam pantauan dokter,” kata Wihaji.

"Akan tetapi dari hasil rapid tes, ada satu lagi dokter swasta di Batang positif terpapar corona, sehingga total menjadi 3 orang," sebutnya.

Dokter yang positif corona saat saat ini masih menjalalani isolasi mandiri, karena masuk kategori orang tanpa gejala (OTG). "Dokter tersebut tidak ada gejala panas, flu, batuk tapi hasil rapid tesnya positif, " ungkapnya.

Sebelum dinyatakan positif corona, dokter tersebut sudah menjalani isolasi mandiri selama satu minggu. Karena kondisinya masih sehat sampai sekarang pun belum dirujuk ke rumah sakit.

"Sebelum dilakukan rapid tes, dokter tersebut sudah menjalankan isolasi mandiri, sekarang kondisinya masih sehat," ujar Wihaji.

Namun demikia, dari ketiga orang yang dinyatakan positif hasil rapid tast, masih menunggu hasil swab laboratorium yang akurasinya lebih baik. "Hasil swab nya butuh waktu, karena antrinya panjang dan sekarang harus di Laboratorium Jakarta, " tandasnya.

Pihaknya meminta masyarakat Kabupaten Batang agar waspada, tetap jaga kesehatan, hindari kerumunan, gunakan masker dan cuci tangan setelah dan sesudah aktifitas dan makan yang bergizi.

"Terpapar corona bisa saja tidak ada gejala dan kelihatan sehat. maka lebih baik stay at home saja atau dirumah saja, agar virusnya tidak menular kemana - mana," pintanya.

Sementara, perkembangan kasus Covid -19 di Kabupaten Batang, untuk Orang Dengan Pemantauan (ODP) ada 442 jiwa, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 5 jiwa, dan positif Corona 0. (ahmad antoni)
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8776 seconds (0.1#10.140)