768 Produk UKM Manjakan Pengunjung Bandara Ahmad Yani

Selasa, 05 Maret 2019 - 20:27 WIB
768 Produk UKM Manjakan Pengunjung Bandara Ahmad Yani
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo didampingi Wagub Taj Yasin secara simbolis membuka galeri UKM Jateng dengan latar photobooth keduanya, di Bandara Ahmad Yani Semarang, Selasa (5/3/2019). FOTO/SINDOnews/Ahmad Antoni
A A A
SEMARANG - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meresmikan Galeri UKM Jateng dan Ruang VIP di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah, Selasa (5/3/2019) . Ada 72 UKM, dengan 768 produk dan 8.000 pcs barang meliputi produk fashion ready to wear, kain, handycrfat, accessories sampai dengan dolanan anak tradisional.

Sebagai kontribusi kepada usaha kecil dan mikro, Pemerintah Provinsi Jateng memberikan ruang agar mereka bisa berjualan secara gratis. Dengan harapan tentunya laku atau terjual. Struktur harga pun agar tidak kemahalan dlibuatkan ketetapan harga.

"Setiap bertemu teman apalagi yg lama tidak berkunjung ke Semarang, langsung bilang. Edan bandarane apik tenan. Ini tentu memacu kita untuk makin maju. Semarang maju, Jateng harus lebih maju," kata Ganjar.

Menurutnya, cara membuat bahagia pengunjung bandara selain spot selfie Presiden Joko Widodo naik sepeda, galeri UKM, juga dibuat spot swafoto gambar Ganjar Pranowo menuangkan kopi ke cangkir blirik yang bisa dipegang pengunjung. Di sisi kiri, Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen tengah memegang cangkir blirik sambil tersenyum.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono menjelaskan, pembangunan galeri UKM tersebut didukung penuh oleh APBD Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, mitra UKM juga tidak dibebani biaya sewa sepeser pun.

"Saya sudah mewanti-wanti kepada Bu Ema (Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah) bahwa arahan Bapak Gubernur dan Bapak Wakil Gubernur ini bukan mindah gudang. Tapi yang ditampilkan di sini betul-betul qualified. Kecil tapi mendunia, sehingga nilainya sangat tinggi," jelasnya.

Sri Puryono membeberkan, Gallery UKM Jawa Tengah dibagi menjadi lima zona, yaitu zona fashion, zona accesories/handycraft, zona packaging food, zona food and beverage, dan zona activity. Tak hanya menyuguhkan aneka produk unggulan, photobooth mock up gubernur dan wakil gubernur di depan galeri UKM juga hadir memanjakan penumpang maupun pengunjung bandara yang ingin berswafoto dengan pemimpin Jawa Tengah.

"Di depan area galeri dilengkapi photobooth mock up Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur yang secara periodik akan berganti tema, antara lain barista, sate blora, vlogger dan sugeng rawuh," ujarnya.

Di sela-sela peninjauan galeri UKM, Sri Puryono pun menyempatkan diri berswafoto di area photobooth berlatar belakang Warung Kopi Gayeng. Photobooth tersebut menampilkan gambar tiga dimensi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang sedang menuangkan kopi ke dalam sebuah cangkir antik.

Tak jauh di sampingnya, ada pula gambar tiga dimensi Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen berkemeja kasual yang tengah membawa secangkir kopi. Diapit gambar tiga dimensi kedua pemimpin Jawa Tengah itu, Sri Puryono kemudian berpose menikmati seduhan kopi.

Usai menjajal photobooth, Sri Puryono membagikan roti bekatul kepada pengunjung. Roti bekatul termasuk salah satu produk lokal unggulan yang dijajakan di Galeri UKM Jawa Tengah.

"Ini cemilan beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA) yang dijual di galeri ini. Dijamin sehat dan enak. Saya sudah habis dua," ujarnya sambil membagikan roti bekatul.

Tak hanya Sri Puryono, Ganjar Pranowo dan Gus Yasin juga berpose di photobooth yang berlatar belakang gambar tiga dimensi mereka berdua. Kedua pemimpin Jawa Tengah itu tampak bersenda gurau sembari berpose menikmati seduhan kopi.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.6520 seconds (0.1#10.140)