RSUP Sardjito Bikin APD Sendiri untuk Tenaga Medis Covid-19

Sabtu, 04 April 2020 - 15:30 WIB
RSUP Sardjito Bikin APD Sendiri untuk Tenaga Medis Covid-19
Staf Instalasi Rehabilitasi Medis RSUP Dr Sardjito Yogyakarta sedang membuat APD face shield di sela-sela tugas mereka. Foto/Dok Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito
A A A
YOGYAKARTA - RSUP Dr Sardjito membuat alat pelindung diri (APD) secara mandiri untuk memenuhi kebutuhan tenaga medis yang menanggani pasien Covid-19. APD berupa face shield atau pelindung wajah itu dibuat oleh para staf Instalasi Rehabilitasi Medis.

Face shield merupakan APD yang tidak hanya digunakan tim medis di ruang isolasi, tapi juga di sejumlah klinik, seperti Klinik Gigi, Telinga Hidung Tenggorokan (THT), Klinik Mata dan lainnya. Pembuatan APDtersebut dimulai pekan ini dan sudah menghasilkan 300 unit face shield.

"Saat ini baru membuat face shield, setelah itu akan dilanjutkan pembuat APD lain, coverall," kata Kepala Instalasi Rehabilitasi Medis RSUP Dr Sardjito, Pujiatun, Sabtu (4/4/2020).

Pujiatun menjelaskan, dalam pembuatan APD, masing-masing staf memiliki tugas berbeda-beda, ada yang mengukur bahan dan ada yang merakit. Pembuatan APD dilakukan di sela kesibukan, sehingga pelayanan medis tidak terganggu dan tetap berjalan normal. Untuk tahap awal menargetkan 500 APD face shield.

"Untuk itu kami mengoptimalkan peralatan yang ada di rumah sakit untuk mendukung pembuatan APD," katanya.

Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito Banu Hermawan menambahkan, sebenarnya untuk menunjang pelayanan medis penangganan Covid-19 sudah mendapat bantunan APD tapi jumlahnya terbatas. Sehingga untuk memenuhinya dengan membuat APD mandiri.

RSUP Dr Sardjito setiap hari membutuhkan APD berupa sarung tangan nonsteril 7.842 pasang, 6.340 masker tiga lapis, sarung tangan steril panjang 1.234 pasang, 395 masker N95, APD coverall, medical cap dan pelindung sepatu masing-masing butuh 134, visor 17 unit serta 267 botol hand sanitizer.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.0614 seconds (0.1#10.140)