alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

BPPTKG Meminta Warga Tak Terpancing Berita Hoaks Erupsi Merapi

suharjono,
BPPTKG Meminta Warga Tak Terpancing Berita Hoaks Erupsi Merapi
Gunung Merapi terlihat dari daerah Sukoharjo, Ngaglik, Sleman, Sabtu (2/3/2018). FOTO/SINDOnews/Priyo Setyawan

YOGYAKARTA - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) memastikan hari ini, Selasa (5/3/2019) tidak terjadi erupsi di puncak Merapi. Untuk itu warga diminta tetap tenang dan tidak percaya dengan berita hoaks Erupsi di Gunung berapi teraktif di Indonesia tersebut.

Kepala BPPTKG Hanik Humaida mengatakan setiap kali terjadi aktivitas yang terekam alat seismik di kantor BPPTKG dan teramati CCTV yang terpasang di puncak Merapi, akan disampaikan kepada masyarakat. Begitu juga dengan aktivitas tersebut terkait dengan keselamatan warga di sekitar Merapi."Kalau saat ini ada berita Erupsi di media sosial, itu hoaks ya," terangnya kepada SINDOnews, Selasa (5/3/2019).

Untuk itu, dia berharap masyarakat tetap tenang dan percaya hanya dengan informasi yang disampaikan oleh BPPTKG atau lembaga lembaga di daerah, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Status Merapi sampai saat ini masih pada level 2 atau waspada."Belum ada kenaikan status Merapi, "tandasnya.



Hanik menambahkan, untuk aktivitas hari ini, sejak pukul 00.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB terjadi dua kali lava pijar dengan jarak luncur 400 meter. Sedangkan gempa guguran terekam di alat seismik sebanyak 12 kali. (Baca juga : Dalam Enam Jam, Gunung Merapi Luncurkan Dua Kali Lava Pijar)



(nun)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif