Bahaya! Mengisap Rokok Elektronik Rentan Terkena Mengi

Selasa, 05 Maret 2019 - 15:30 WIB
Bahaya! Mengisap Rokok Elektronik Rentan Terkena Mengi
Vaping sama bahayanya dengan rokok tradisional terkait adanya mengi atau pernapasan dengan suara siulan atau berderak di dada akibat penyempitan saluran udara. FOTO/WIS
A A A
JAKARTA - Sebuah studi baru mengungkap bahwa rokok elektronik atau vaping sama berbahayanya dengan rokok tradisional. Orang yang mengisap vaping diketahui rentan terkena mengi, yang merupakan pendahulu kondisi kesehatan serius termasuk gagal jantung, kanker paru-paru dan sleep apnea.

Studi ini menunjukkan bahwa orang yang mengisap vape hampir dua kali lebih mungkin mengalami mengi dibandingkan dengan orang yang tidak secara teratur menggunakan produk tembakau. "Pesan yang dapat dibawa pulang adalah bahwa rokok elektronik tidak aman jika menyangkut kesehatan paru-paru," kata Deborah J. Ossip, profesor dari University of Rochester Medical Center di AS seperti dilansir dari Times Now News.

"Perubahan yang kami saksikan dengan vaping, baik dalam percobaan laboratorium dan studi orang yang melakukan vape, konsisten dengan tanda-tanda awal kerusakan paru-paru, yang sangat mengkhawatirkan," tambah Ossip.

Untuk penelitian ini, tim tersebut melibatkan lebih dari 28.000 orang dewasa. Temuan yang diterbitkan dalam jurnal Tobacco Control ini, menunjukkan bahwa vapers dewasa 1,7 kali lebih mungkin mengalami mengi dan gejala pernapasan terkait seperti kesulitan bernafas dibandingkan dengan bukan pengguna. Meskipun rokok elektronik dipasarkan sebagai alternatif yang kurang berbahaya daripada merokok, banyak kekhawatiran tetap terkait dengan konsekuensi kesehatan jangka panjang dari vaping.

Dengan munculnya alat vaping kecil dan ramping yang digunakan dengan polong nikotin dalam ratusan rasa yang berbeda, para peneliti khawatir jumlah anak muda yang melakukan vape akan terus tumbuh dan konsekuensi kesehatan yang serius, termasuk alergi, kehilangan kekebalan dan infeksi berikutnya akan mengikuti. Namun, para peneliti berpendapat bahwa analisis tidak dapat membuktikan bahwa vaping menyebabkan mengi, itu hanya mengidentifikasi hubungan antara keduanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4847 seconds (0.1#10.140)