Jaga Ketat Pelipatan Surat Suara Pemilu, Ratusan Pekerja Digeledah

Selasa, 05 Maret 2019 - 12:19 WIB
Jaga Ketat Pelipatan Surat Suara Pemilu, Ratusan Pekerja Digeledah
Polisi menggeledah tenaga pelipat surat suara Pemilu 2019 di Gedung Islamic Center Kendal, Selasa (5/3/2019). FOTO/iNews/EDDIE PRAYITNO
A A A
KENDAL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal mulai melakukan pelipatan surat suara Pemilu 2019 dengan melibatkan ratusan orang. Seluruh tenaga pelipatan digeledah dan diperiksa polisi sebelum masuk ke dalam ruangan di Gedung Islamic Center Kendal untuk mengantisipasi adanya kecurangan.

Pemeriksaan dilakukan satu per satu tenaga pelipat. Mereka dilarang membawa tas, air minum, dan telepon genggam. Bagi perempuan berhijab tidak diperbolehkan menggunakan jarum atau sejenisnya.

Ketua KPU Kabupaten Kendal, Hevy Indah Oktaria mengatakan, pemeriksaan dilakukan saat masuk maupun keluar ruangan. Hal ini dilakukan demi ketertiban kelancaran dan tetap menjaga kerahasiaan.

Menurutnya, tenaga pelipat surat suara harus steril dari benda keras, air maupun benda tajam. Bagi yang membawa bekal makan dan minum bisa ditiitipkan di sekretariat atau pos penjagaan polisi.

"Standar operasional pelaksanaan memang harus ada pemeriksaan dan penggeledahan kepada tenaga pelipat suarat suara. Hal ini untuk mengantisipasi tidak boleh surat suara terbawa pekerja ke luar ruangan, sehingga akan menjadi masalah bagi kami," kata Hevy, Selasa (5/3/2019).

Pelipatan surat suara di KPU Kendal melibatkan 400 orang. Mereka bertugas melipat surat suara presiden dan wakil presiden, DPD, DPR RI dapil Jateng 1, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota sebanyak 3.979.340 lembar. Saat ini baru diterima 3.174.340 lembar surat suara, kekurangannya sebanyak 805.175 surat suara belum dikirim.

Ditargerkan dalam satu hari satu kelompok bisa menyelesaikan 50 kardus setara dengan 25.000 surat suara. Dengan begitu, pelipatan surat suara bisa dilakukan dalam 10 hari.

Sementara ketua Bawaslu Kabupaten Kendal, Odiliya Amy Wardayani mengatakan, sesuai hasil pengawasan, pelaksanaan pelipatan surat suara berjalan dengan baik dan terkelompok.

"Pelipatan surat suara pemilu kali ini lebih baik dari tahun sebelumny pasalnya tempat pelipatan suara lebih luas dan lebih nyaman baik dari segi keamanan maupun kenyamanan," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0360 seconds (0.1#10.140)