Limbah Medis Covid-19 Meningkat, Pengelolaannya Harus Aman

Jum'at, 03 April 2020 - 00:30 WIB
Limbah Medis Covid-19 Meningkat, Pengelolaannya Harus Aman
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memerintahkan seluruh rumah sakit di Jateng memperhatikan pengelolaan limbah medis. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memerintahkan seluruh rumah sakit di Jateng memperhatikan pengelolaan limbah medis. Terlebih dengan merebaknya Covid-19, jumlah limbah dipastikan meningkat tinggi.

Ganjar mengatakan, sejak munculnya kasus Antraks, TBC, SARS dan MERS, pengelolaan limbahnya memang dilakukan secara khusus. Dari tempat pembuangan sampai proses pengolahan. "Jadi kalau mereka masuk biasanya ada tempat sampahnya, biasanya berwarna kuning. Terus diolah, yang biasanya dilakukan oleh profesional dari penyedia jasa yang sudah teruji," kata Ganjar, Kamis (2/4/2020).

Untuk kasus Covid-19 yang telah mewabah ini, Ganjar telah menginstruksikan seluruh rumah sakit rujukan untuk melakukan pengawasan secara khusus. Terlebih setiap hari ada penambahan pasien, yang berimbas langsung pada kuantitas limbah.

"Seluruh rumah sakit harus mengawasi ini karena pasti ada kenaikan kuantitasnya. Maka harus hati-hati," katanya.

Sampai saat ini, ungkap dia, belum ada kendala berarti terkait limbah medis di Jawa Tengah selama penanganan Covid-19 ini. Artinya semua limbah masih terkelola dengan semestinya. Namun, Ganjar juga tidak ingin kecolongan nantinya, jika kondisi semakin memburuk.

"Kita mendisiplinkan dan melakukan kontrol agar tidak bocor. Makanya harus disiapkan betul-betul agar tidak bocor," katanya.

Salah satunya menjaga agar tidak terjadi kebocoran dengan pemanfaatan ulang limbah-limbah medis. Ganjar mengungkapkan, dirinya telah menerima aduan pemanfaatan limbah medis, berupa masker. Setelah dibuang, masker-masker yang telah digunakan itu dicuci kemudian diperjual belikan.

"Makanya tadi saya tanya ke dokter, bagaimana maskernya? Lebih baik digunting setelah digunakan. Sehingga tidak bisa dipakai atau diolah dan dijual," katanya.

Dia menjelaskan, pemanfaatan ulang limbah-limbah medis tersebut juga sangat membahayakan. Terlebih jika dilakukan oleh pihak yang tidak memiliki kompetensi serta didukung peralatan yang memadai.

"Karena yang mengambil berbahaya, yang mengolah dan apalagi yang memakai ulang itu berbahaya. Karena pasti pengolahannya tidak seperti di dunia kedokteran atau di rumah sakit. Di sana kan canggih ada pembunuh kumannya, virus dengan cara dan alat-alat yang canggih," tandasnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1809 seconds (0.1#10.140)