Beda Sikap, Warga Banjaranyar Banyumas Malah Siap Terima Jenazah Corona

Kamis, 02 April 2020 - 20:24 WIB
Beda Sikap, Warga Banjaranyar Banyumas Malah Siap Terima Jenazah Corona
Warga Desa Banjaranyar, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas menyatakan siap menerima jenazah positif corona dari mana pun untuk dimakamnya di lingkungannya. FOTO/iNews/SALADIN AYYUBI
A A A
BANYUMAS - Ketika warga di sejumlah daerah menolak pemakaman jenazah pasien positif terinfeksi virus corona jenis baru, Covid-19, warga Desa Banjaranyar, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, justru bersikap sebaliknya. Mereka menyatakan siap menerima jenazah positif corona dari mana pun untuk dimakamnya di lingkungannya.

Kesiapan menerima jenazah positif corona itu didasarkan rasa kemanusiaan sekaligus bentuk keprihatinan warga atas penolakan pemakaman pasien terinfeksi Covid-19 yang terjadi di beberapa desa lain di Banyumas. Sikap menerima ini juga telah disepakati oleh Kepala Desa Banjaranyar Karseno, Badan Pengawas Desa (BPD), tokoh agama, tokoh masyarakat, serta warga desa.

"Sementara lahan yang bisa digunakan untuk memakamkan jenazah terjangkit virus berbahaya itu nantinya bisa dilaksanakan di tiga TPU yang ada di Desa Banjaranyar," kata Kaseno, Kamis (2/4/2020).(Baca Juga: Jenazah Pasien Covid-19 Ditolak Warga, Pemerintah Perlu Gandeng Ulama)

Sebagai langkah antisipasi, petugas dari Dinas Pemukiman dan Perumahan Kabupaten Banyumas melakukan pengecekan ke TPU yang telah disiapkan. Nantinya jika ada permintaan dari daerah lain atau daerah Banyumas, maka semua persiapan sudah matang.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6043 seconds (0.1#10.140)