alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dalam Enam Jam, Gunung Merapi Luncurkan Dua Kali Lava Pijar

suharjono,
Dalam Enam Jam, Gunung Merapi Luncurkan Dua Kali Lava Pijar
Sejak pukul 00.00-06.00 pagi tadi, Gunung Merapi mengeluarkan lava pijar guguran sebanyak dua kali. FOTO/TWITTER/BPPTKG

YOGYAKARTA - Gunung Merapi belum menunjukkan tanda-tanda penurunan aktivitas vulkanik. Dalam enam jam, sejak pukul 00.00-06.00 pagi tadi, salah satu gunung teraktif di dunia ini malah mengeluarkan lava pijar guguran sebanyak dua kali.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida mengatakan, lava pijar teramat dari CCTV yang dipasang di puncak Gunung Merapi pada pukul pukul 00.55 dan 05.49 WIB. "Jarak luncur lava pijar 400 meteran menuju arah Kali Gendol," katanya kepada SINDOnews, Selasa (5/3/2019).

Selain luncuran lava pijar yang teramati CCTV, berdasarkan data seismik, juga terekam 6 kali gempa guguran dengan durasi 11-42 detik. (Baca juga: Update Gunung Merapi, Muntahkan Awan Panas Sejauh 1,1 Km)



Dijelaskan Hanik, kendati dalam beberapa hari terakhir terlihat luncuran lava pijar dan awan panas guguran yang meningkat, tapi belum ada perubahan status Merapi. Kondisi aktivitas kawah masih tergolong rendah sehingga aktivitas Merapi belum membahayakan warga masyarakat.

"Hanya jika terjadi awan panas guguran, akan diikuti dengan hujan abu. Kami berharap warga di sekitar Merapi waspada kemungkinan hujan abu. Jadi perlu menggunakan masker," katanya.

Sementara dari laporan pengamatan Senin (4/3/2019), sejak pukul 18.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB, dari data seismik, terekam 3 kali gempa guguran dengan durasi 23-81 detik. Sedangkan dari CCTV teramati  1 kali guguran ke arah Kali Gendol dengan jarak luncur 800 meter. (Baca juga: Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas, Warga Diminta Waspada)



(AMM)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif