Empat Pasien Positif Covid-19 di Kota Semarang Dinyatakan Sembuh

Rabu, 01 April 2020 - 09:48 WIB
Empat Pasien Positif Covid-19 di Kota Semarang Dinyatakan Sembuh
Direktur RSUD K.RM.T Wongsonegoro Kota Semarang Susi Herawati konferensi pers terkait pasien covid 19 yang dinyatakan sembuh, Selasa (31/3/2020). Foto : Dok Humas Pemkot Semarang.
A A A
SEMARANG - Sebanyak empat orang pasien positif virus corona (covid-19) yang dirawat di RSUD K.RM.T Wongsonegoro Kota Semarang dinyatakan sembuh dan saat ini dalam kondisi sehat. Diharapkan kesembuhan empat pasien tersebut dapat menjadi penyemangat agar ke depan semakin banyak pasien yang dapat disembuhkan.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, upaya preventif dan kuratif yang terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Semarang membuahkan hasil. "Meski perkembangannya setiap hari trennya masih terus meningkat, namun di Kota Semarang ada hal positif. Empat pasien positif Covid-19 yang dirawat di Rumh Sakit Wongsonegoro dinyatakan sembuh," ujar Hendi, sapaan akrab wali kota dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Rabu (1/4/2020).

Menurutnya, model dan formulasi penanganan yang selama ini dilakukan pemerintah khususnya rumah sakit yang ada di Kota Semarang diharapkan dapat menjadi semangat agar semakin hari semakin banyak pasien yang bisa disembuhkan. Keempat pasien positif Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Wongsonegoro ini telah menjalani tes swab dengan hasil negatif, sehingga dalam waktu yang tidak lama akan diizinkan untuk pulang.

"Yang dinyatakan sembuh, dalam waktu yang tidak lama diperbolehkan pulang karena pemeriksaan SWAB-nya sudah negatif," ujarnya.

Hendi merinci, per 31 Maret 2020, sebanyak 25 pasien dinyatakan positif covid-19 yang terdiri dari 14 warga Kota Semarang dan 11 warga berasal dari luar Kota Semarang. Dari jumlah tersebut, 4 orang dinyatakan sembuh, 7 orang meninggal dan 14 orang lainnya masih dalam perawatan.

Disinggung terkait Alat Pelindung Diri (APD), Hendi menjelaskan pihaknya terus berkoordinasi untuk mempercepat pengadaan APD bagi para tenaga medis di rumah sakit Kota Semarang. Tidak hanya swadaya dengan menggerakkan Balai Latihan Kerja (BLK), Hendi juga menyampaikan adanya bantuan produksi dari Unika sambil menunggu hasil pemesanan dari pusat.

Di sisi lain, Hendi juga bersyukur upaya pembatasan penutupan lima ruas jalan protokol Kota Semarang sangat berhasil mengurangi frekuensi kendaraan serta mobilitas warga.

Hendi bahkan telah berkoordinasi dengan Polrestabes Semarang dan Dirlantas Polda Jateng untuk melakukan penutupan total 24 jam pada hari Sabtu dan Minggu di lima ruas jalan protokol yakni Jalan Pandanaran, Jalan Pemuda, Jalan Gajahmada, Jalan Pahlawan dan Jalan Ahmad Yani. Selanjutnya, pada Senin – Jumat akan dibuka khusus pada pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Sementara itu, Direktur RSUD K.RM.T Wongsonegoro Susi Herawati mengatakan, keempat pasien positif Covid-19 setelah menjalani perawatan intensif di ruang isoalisasi selama 14 hari dan dinyatakan sembuh. “Kami mendapatkan berita luar biasa, berita baik, keempat pasien dinyatakan sembuh dari Covid-19 dan boleh pulang,” ujar Susi.

Kesembuhan pasien ini, kata Susi, adalah berkat kerja sama antara tim dokter, perawat, tenaga medis RSUD K.R.M.T Wongosegoro dengan para pasien.
“Kondisi pasien setelah sembuh tetap kami pantau dengan menggubungi melalui telepon, apakah masih panas, dan sesak lagi. Mudah-mudahan dalam kondisi sehat setelah bertemu keluarga,” ujarnya.

Pasien yang telah dinyatakan sembuh, lanjut Susi, dipastikan tidak akan menulari keluarga di rumahnya karena sudah tidak membawa Virus Corona lagi.
Mengenai kemungkinan terkena Covid-19 lagi, peluangnya sangat kecil karena tubah sudah mengkopi antibody untuk menolak virus.

“Jadi silahkan para pasien yang sudah lama berpisah berkumpul lagi dengan suami dan anaknya. Tidak perlu takut menulari,” ucapnya.

Menurut Susi, sampai sekarang pihaknya masih menangani 40 orang dengan status pasien dalam pengawasan (PDP) dan satu orang positif Covid-19.

“Mudah-mudaha pasien positif Covid-19 dalam beberapa hari mendatang sudah sembuh,” pungkasnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2735 seconds (0.1#10.140)