Seluruh Tiket KA Lokal Bisa Dibeli melalui KAI Access

Senin, 04 Maret 2019 - 17:27 WIB
Seluruh Tiket KA Lokal Bisa Dibeli melalui KAI Access
PT KAI membuka akses pemesanan tiket semua KA lokal melalui aplikasi KAI Access di smartphone. FOTO/kai.co.id
A A A
SEMARANG - Dalam upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat mulai Jumat (1/3/2019), PT Kereta Api Indonesia (Persero) membuka akses pemesanan tiket semua KA lokal melalui aplikasi KAI Access di smartphone.

Aplikasi KAI Access merupakan aplikasi resmi milik PT KAI yang dapat diunduh melalui Play Store untuk pengguna Android maupun Apple Store untuk pengguna iOS. Sebelumnya, untuk pemesanan atau pembelian tiket KA Lokal hanya bisa dilayani di loket stasiun saja. Namun sekarang, bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access.

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro mengatakan, untuk mendapatkan layanan ini, pengguna harus menginstall atau mengupdate Aplikasi KAI Accessnya terlebih dahulu menjadi versi terbaru.

"Pembelian tiket KA Lokal melalui KAI Access dilakukan pada menu Local Train. Adapun untuk periode pembelian tiket KA lokal melalui KAI Access ini tetap mengikuti aturan yang berlaku sesuai masing-masing KA, yaitu ada KA yang bisa dipesan H-30 (30 hari sebelum keberangkatan), H-7 (tujuh hari sebelum keberangkatan) dan ada pula yang hanya bisa dipesan pada Hari H (Go Show)," kata Krisbiyantoro, Senin (4/3/2019).

Berikut adalah Daftar KA Lokal di wilayah Daop 4 Semarang yang dapat dibeli pada aplikasi KAI Access mulai 1 Maret 2019 :
1. KA Kedung Sepur, rute Semarang Poncol-Ngrombo dengan Pemesanan H-7
2. KA Kalijaga, rute Semarang Poncol-Solo Balapan dengan Pemesanan H-30

Perlu diketahui, pembelian tiket KA lokal melalui KAI Access ini berlaku 1 (satu) identitas penumpang hanya untuk 1 (satu) relasi/rute KA pada hari yang sama. Nantinya penumpang yang membeli tiket KA Lokal di KAI Access, cukup menunjukkan Kartu Identitas asli sesuai nama pada tiket dan E-Boarding Pass saat melakukan boarding untuk naik KA. Tiket KA Lokal yang dibeli di KAI Access hanya dapat dibatalkan dan diubah jadwalnya melalui loket stasiun.

"KAI melihat bahwa animo masyarakat sangat tinggi terhadap moda transportasi KA Lokal. Sebelumnya, penumpang masih harus mengantre panjang hanya untuk membeli tiket KA Lokal. Kini, calon penumpang semakin mudah untuk memesan tiket KA lokal hanya dengan melalui smartphone mereka di mana saja dan kapan saja," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.9569 seconds (0.1#10.140)