Kemenperin Dorong Wira Usaha Baru Industri Kecil Menengah Pekalongan

Senin, 04 Maret 2019 - 15:39 WIB
Kemenperin Dorong Wira Usaha Baru Industri Kecil Menengah Pekalongan
Anggota Komisi VI DPR, Yaqut Cholil Qoumas saat membuka Penumbuhan dan Pengembangan Wirausaha Baru Industri Kecil Menengah di Kota Pekalongan, Senin (4/3/2019). FOTO/iNews/SURYONO SUKARNO.
A A A
PEKALONGAN - Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyelenggarakan rangkaian kegiatan Penumbuhan dan Pengembangan Wirausaha Baru Industri Kecil Menengah (WUB IKM) Provinsi Jawa Tengah. Acara yang digelar di Ballroom Hotel Sahid Mandarin Kota Pekalongan ini dibuka oleh Anggota Komisi VI DPR Yaqut Cholil Qoumas.

Kegiatan ini bertujuan mendorong tumbuh dan berkembangnya WUB IKM di Jawa Tengah, khususnya daerah Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, dan Kabupaten Batang, sehingga dapat memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja di masing-masing daerah.

Kasubdit Barang, Kayu, dan Furniture dari Kementerian Peridustrian, Tri Harsono menjelaskan, bentuk fasilitasi yang diberikan dalam rangka mendorong penumbuhan dan pengembangan WUB IKM meliputi peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) melalui 9 kegiatan yang terdiri atas 8 Bimbingan Teknis Produksi dan 1 Fasilitasi mesin peralatan dengan rincian sebagai berikut.

"Bimtek produksi akan tersebar di Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, dan Kabupaten Batang seperti untuk IKM perbengkelan roda dua, IKM kopi, IKM konveksi, dan IKM lainnya," kata Tri.

Diungkapkan Tri, bimbingan teknis ini akan dilaksanakan selama 5 (lima) hari terhitung tanggal 4-8 Maret 2019 dengan peserta masing-masing 20 orang. "Peserta bimbingan teknis akan mendapatkan materi, perlengkapan bimbingan, bahan praktik, akomodasi dan konsumsi," kata Tri.

Menurut Yaqut Cholil Qoumas, Kementerian Perindustrian terus memberikan perhatian khusus pada pengembangan IKM secara nasional, terutama dalam upaya peningkatan daya saing, jumlah populasi, dan penyerapan tenaga kerja.

"Semoga tercipta WUB dengan strategi pembinaan yang berkesinambungan dan tepat sasaran. Hal ini bertujuan untuk terus meningkatkan angka keberhasilan penumbuhan wirausaha di berbagai wilayah Indonesia," kata Yaqut.

Yaqut mengaku ingin mendorong semua potensi di Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, dan Kabupaten Batang, termasuk nantinya di Pemalang agar pemuda-pemudanya semakin mandiri.

"Saya memiliki keyakinan bahwa kemandirian menjadi kunci mengatasi masalah dan menjadi jaminan hidup bagi siapa pun," kata Yaqut.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2918 seconds (0.1#10.140)