Pemprov Jateng Bagikan 1.000 Nasi Kotak untuk Ojol, 30 Menit Ludes

Selasa, 31 Maret 2020 - 14:46 WIB
Pemprov Jateng Bagikan 1.000 Nasi Kotak untuk Ojol, 30 Menit Ludes
Ojek online saat mengantre mendapatkan nasi kotak yang dibagikan gratis di depan gerbang Kantor Pemprov Jateng, Selasa (31/3/2020). FOTO : SINDOnews/ahmad antoni
A A A
SEMARANG - Wabah Virus Corona yang melanda di sejumlah wilayah di Indonesia berdampak terhadap ekonomi kecil termasuk ojek online (Ojol). Hal itu karena pembatasan aktifitas masyarakat yang mengakibatkan minimnya orderan.

Kondisi memperihatinkan juga dirasa oleh Ojol di Kota Semarang. Meski sepi order, mereka tetap nekat bekerja di tengah maraknya wabah Virus Corona. Pendapatan mereka pun menurun drastis dari hari normal.

Itulah yang melatarbelakangi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk memberikan bantuan nasi kotak (bungkus) secara gratis kepada ojol. Giat sosial itu rencananya akan berlangsung selama dua pekan.

Sekitar 1.000 nasi kotak diberikan langsung kepada Ojol yang masih bekerja di lapangan, Selasa (31/3/2020). Titik pengambilan di depan gerbang Kantor Pemprov Jateng. Dimulai sejak pukul 11.00 WIB, 1000 nasi kota habis dalam waktu 30 menit.

"Ini (bantuan) cukup mengurangi beban para tukang ojek online. Orderan sepi," tutur Sugeng, salah seorang Ojol di Kota Semarang.

Menurutnya, orderan mulai sepi sejak akhir Januari dan terus menurun hingga Maret. Bahkan, ia bekerja dengan rasa was-was oleh ancaman virus yang berasal dari Wuhan, China itu.

"Walah, ya was-was. Apalagi kalau dapat orderan di rumah sakit, bandara, stasiun. Ya, selalu pakai masker. Kalau tidak kerja bagaimana, gak dapat uang," lanjutnya.

Trisnoto, Ojol lain juga mengeluhkan pendapatannya yang menurun drastis. Dari hari normal bisa mencapai 17 orderan per harinya. Kini, ia paling banyak menerima order 5 kali per hari.

"Wah, sepi. Hanya lima kali order per hari. Kalau hari normal biasanya bisa sampai 17 kali," keluhnya.

Kepala Biro Umum Setda Provinsi Jawa Tengah, Edy Supriyanta menyampaikan bahwa bantuan tersebut merupakan inisiatif Pemprov Jateng dan Gubernur Ganjar Pranowo.

"Hari ini ada sekitar 1000 nasi kotak yang di berikan kepada para ojek online, karena terdampak adanya Virus Corona," ujar dia. Pemberian bantuan nasi kotak, ucapnya, akan dilakukan selama dua pekan ke depan.

"Iya, ini akan dilakukan selama dua pekan ke depan. Hari ini 1000, besok rencananya ada 1500 nasi kotak. Mengenai anggaran dari APBD dan bantuan PNS," tandasnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.1005 seconds (0.1#10.140)