Gubernur DIY Sri Sultan HB X Keluarkan Maklumat Jelang Pemilu 2019

Senin, 04 Maret 2019 - 10:13 WIB
Gubernur DIY Sri Sultan HB X Keluarkan Maklumat Jelang Pemilu 2019
Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengeluarkan maklumat menjelang Pemilu dan Pilpres 2019. FOTO/DOK.SINDOphoto
A A A
YOGYAKARTA - Hangatnya suhu politik di Yogyakarta dalam beberapa waktu terakhir menjelang pemilu langsung direspons Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Raja Keraton Yogyakarta ini mengeluarkan maklumat menjelang pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Dalam imbauan yang beredar di media sosial, Sri Sultan HB X mengajak masyarakat untuk berani menolak politik uang, politisasi SARA, ujaran kebencian, dan hoaks. Tidak hanya itu, Sultan juga meminta aparatur sipil negara (ASN) netral di Pemilu 2019.

"Mari mewujudkan netralitas ASN, TNI maupun Polri, kades, dan perangkat desa," ajak Sultan dalam video berdurasi 59 detik tersebut.

Dalam video tersebut Raja Keraton Yogyakarta ini juga mengajak semua komponen masyarakat untuk menciptakan suasana aman dan kondusif di Pemilu mendatang.

Ketua Bawaslu DIY Bagus Sarwono mengatakan, saat ini dibutuhkan peran semua masyarakat untuk berpartisipasi mewujudkan pemilu yang damai, berintegritas, dan tentunya demokratis. "Gerakan antipolitik uang terus kita dengungkan lewat gerakan desa anti politik uang," katanya.

Dia juga berterima kasih kepada Gubernur DIY yang memeberikan pesan-pesan moral kepada masyarakat DIY dengan harapan Pemilu berjalan lancar, damai, dan penuh kegembiraan.

Perlu diketahui menjelang pemilu, seberapa konflik terjadi di Yogyakarta. Di antaranya adalah kericuhan simpatisan parpol dengan jamaah masjid Jogokaryan serta keributan antara dua kubu pendukung pasangan calon presiden di Jalan Magelang Km 4 Sleman.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.7324 seconds (0.1#10.140)