Bus AKAP Dilarang Masuk Jakarta, PO Prayoga: Kami Sudah Stop Beroperasi

Senin, 30 Maret 2020 - 17:15 WIB
Bus AKAP Dilarang Masuk Jakarta, PO Prayoga: Kami Sudah Stop Beroperasi
PO Prayoga sudah menghentikan operasional bus sejak sepekan lalu sebagai dampak pandemi virus corona. FOTO/IST
A A A
SLEMAN - Penghentian layanan bus AKAP trayek jurusan Jakarta oleh Pemda DKI telah diantisipasi oleh perusahaan otobus (PO) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sebelum ada kebijakan itu, nyatanya mereka telah menyetop secara mandiri mengangkut penumpang.

Seperti yang dilakukan PO Bus Prayoga yang sudah menghentikan operasional bus sejak sepekan lalu. Penghentian ini sebagai dampak dari merebaknya virus corona jenis baru, Coronavirus Desease-19 (Covid-19).

"Kalau itu menjadi kebijakan pemerintah kami manut saja. Apalagi kami sejak seminggu lalu sudah berhenti beroperasi, baik ke Jakarta maupun ke Sumatera dan pariwisata," kata pengelola PO Prayoga,Sleman, Yanto saat dihubungi, Senin (30/3/2020) sore.(Baca Juga: DKI Larang Bus AKAP Keluar Masuk Jakarta)

Yanto menjelaskan, penghentian operasional ini karena keluarga awak bus (sopir dan kondektur) tidak memperbolehkan mereka bekerja di tengah ancaman Covid-19. Sebab mereka khawatir keluarganya terpapar virus mematikan tersebut. Pengelola pun bisa memahami dan mengerti kekhawatiran tersebut, sehingga memutuskan menghentikan operasional.

"Saat ini 30 bus Prayogo yang melayani AKAP, baik ke Jakarta dan Sumatera serta pariwisata semuanya ada di garansi," katanya.

Menurut Yanto, karena penghentian operasional ini disebabkan adanya pandemi virus corona, karyawan PO Prayogo, baik sopir dan tenaga administrasi tetap mendapatkan hak-haknya secara penuh. PO Prayogo mengaku mengalami penuruan operasional hingga 50%. Untuk itu berharap pandemi Covid-19 segera berakhir dan aktivitas kembali normal.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3927 seconds (0.1#10.140)