Awas Hujan Angin Disertai Petir Berpotensi Landa Jateng

Senin, 04 Maret 2019 - 09:00 WIB
Awas Hujan Angin Disertai Petir Berpotensi Landa Jateng
Awas hujan angin disertai petir berpotensi landa Jateng. Foto/Ilustrasi
A A A
SEMARANG - Cuaca ekstrem berupa hujan angin yang disertai petir diprakirakan bakal melanda sejumlah daerah di Jawa Tengah. Selain itu, gelombang laut hingga setinggi tiga meter juga mengancam pesisir selatan Jawa.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani Semarang melaporkan prakiraan cuaca hari ini Senin (4/3/2019) hingga pukul 19.00 WIB. Laporan itu berdasarkan pengamatan citra satelit Himawari pukul 06.30 WIB.

"Jawa Tengah umumnya berawan, potensi bujan ringan sedang tersebar tidak merata di wilayah Jateng dengan waktu bervariasi mulai pagi - awal malam hari," ujar prakirawan BMKG, Triyotomo.

"Potensi hujan intensitas hingga lebat dapat disertai petir dan dapat diikuti angin kencang di wilayah pegunungan tengah, sebagian pesisir selatan, pantura barat -tengah sisi selatan dan wilayah Solo Raya pada siang/sore - awal malam hari," tambahnya.

Sementara cuaca di Kota Semarang pada umumnya berawan, berpotensi hujan ringan-sedang pada sore atau awal malam. Angin bertiup dari arah selatan - barat laut dengan kecepatan 10 - 25 km/jam. Suhu udara berkisar 26 - 32 °C dan kelembaban udara berkisar 65 - 90%.

"Tinggi gelombang di Laut Jawa 0,1 - 0,75 meter, sedangkan tinggi gelombang di perairan selatan jawa Tengah 1,5 - 3,0 meter," pungkasnya.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.6229 seconds (0.1#10.140)