Alat Tes Ini Bisa Deteksi Corona dalam 5 Menit

Sabtu, 28 Maret 2020 - 12:10 WIB
Alat Tes Ini Bisa Deteksi Corona dalam 5 Menit
Petugas medis mengangkut pasien menuju sebuah rumah sakit selama wabah virus corona COVID-19 di Manhattan, New York, Amerika Serikat, 25 Maret 2020. Foto/REUTERS/Carlo Allegri
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) kini memiliki alat tes portabel superkilat yang bisa mendeteksi virus Corona. Berkat alat canggih ini, seseorang bisa diketahui terinfeksi virus corona COVID-19 atau tidak hanya dalam waktu lima menit.

Alat portabel super kilat ini diluncurkan Abbot Laboratories, sebuah laboratorium yang berbasis di Amerika Serikat. Abbot Laboratories, dalam sebuah pernyataan, mengatakan Administrasi Obat dan Makanan (FDA) AS telah memberikan otorisasi darurat untuk mulai membuat alat tes yang tersedia untuk layanan kesehatan paling cepat minggu depan.

Alat tes portabel itu seukuran pemanggang roti kecil dan menggunakan teknologi molekuler.

"Pandemi COVID-19 akan diperjuangkan di berbagai bidang, dan uji molekuler portabel yang menawarkan hasil dalam hitungan menit menambah berbagai solusi diagnostik yang diperlukan untuk memerangi virus ini," kata Presiden Abbot Laboratories yang juga Chief Operating Officer (COO) laboratorium tersebut, Robert Ford.

"Ukuran alat tes yang kecil berarti dapat digunakan di luar rumah sakit di titik panas wabah," ujar Ford, seperti dikutip AFP, Sabtu (28/3/2020). Menurutnya, Abbot Laboratories bekerja sama dengan FDA untuk mengirimkan alat tes portabel tersebut ke pusat-pusat penyebaran virus.

Menurut pihak Abbot Laboratories, penggunaan alat tes itu secara umum belum sepenuhnya disetujui oleh FDA, dan hanya diizinkan untuk penggunaan darurat oleh laboratorium dan penyedia layanan kesehatan yang disetujui.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1835 seconds (0.1#10.140)