8.400 Rapid Test Tiba di Jateng, Masyarakat Diimbau Tak Serbu RS

Sabtu, 28 Maret 2020 - 03:47 WIB
8.400 Rapid Test Tiba di Jateng, Masyarakat Diimbau Tak Serbu RS
Ilustrasi/SINDOnews
A A A
SEMARANG - Sebanyak 8.400 alat tes cepat atau rapid test corona tiba di Jawa Tengah. Ribuan alat tersebut segera dikirim ke daerah-daerah dengan prioritas untuk memeriksa Orang Dalam Pengawasan (ODP) terbanyak.

"Alhamdulillah alat rapid test sudah tiba di Jateng. Sebanyak 8.400 sudah ada, dan saya minta langsung didistribusikan hari ini juga," kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat mengecek rapid test di gudang obat milik Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah di Tambak Aji Ngaliyan Semarang,Jumat (27/3/2020).

Ganjar menegaskan, pengecekan menggunakan rapid test akan diprioritaskan kepada ODP. Untuk itu, masyarakat yang dalam kondisi sehat, diminta tidak berbondong-bondong mendatangi rumah sakit untuk melakukan rapid test.

"Masyarakat tidak perlu berbondong-bondong, yang sehat tenang saja. Kami akan konsentrasi dulu pada mereka yang ODP," tegasnya.

Adapun metode yang akan digunakan adalah jemput bola. Petugas yang akan melakukan pengecekan menggunakan rapid test, akan mengunjungi rumah-rumah warga yang dinyatakan ODP.

"Kami akan mendatangi ODP, jadi mereka di rumah saja karena kami sudah punya datanya semua. Selain itu, ODP kan memang harus di rumah, mengisolasi diri. Maka kami akan jemput ke rumah dan melayani semuanya," terangnya.

Sekadar diketahui, jumlah ODP di Jawa Tengah berdasarkan website https://corona.jatengprov.go.id/ sebanyak 4.352 orang yang tersebar di berbagai daerah.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.4323 seconds (0.1#10.140)