Pemkot Semarang Produksi Jamu Cegah Corona

Jum'at, 27 Maret 2020 - 22:22 WIB
Pemkot Semarang Produksi Jamu Cegah Corona
Dirut PT Phapros Tbk Bar Barokah Sri Utami bersama Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menunjukan jamu cegah corona, Jumat (27/3/2020). Foto : Dok Humas Pemkot Semarang.
A A A
SEMARANG - Pemkot Semarang akan memproduksi jamu cegah corona untuk dibagikan kepada masyarakat secara cuma-cuma alias gratis. Langkah ini merupakan bagian dari upaya Pemkot Semarang dalam menangani dan menekan potensi penyebaran virus corona (covid-19).

Niatan itu mendapat dukungan dari PT Phapros Tbk. Perusahaan farmasi di Kota Semarang tersebut akan ikut memproduksi jamu corona yang akan dibuat Pemkot Semarang itu.

"Kami akan bekerja sama untuk memproduksi jamu ini. Karena kalau multi vitamin yang kita berikan bahan bakunya impor. Kalau ini potensi lokal yang isinya jahe, temulawak, kunyit, sereh, kayu manis, dan gula batu," kata Direktur Utama PT Phapros, Tbk, Barokah Sri Utami usai bertemu dengan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Jumat (27/3).

Wanita yang akrab disapa Emmy tersebut menjelaskan, pihaknya akan memproduksi jamu corona itu melalui UMKM mulai pengadaan bahan baku hingga produksinya. Ini untuk menggulirkan ekonomi rakyat.

Dia juga berseloroh bahwa jamu yang akan diproduksi diberinama nama Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang yang menginisiasi produksi jamu tersebut. "Namanya Jamu Hendi - Ita, komplementer dengan Becefort (produk PT Phapros) yang mengandung vitamin C dan E. Jamu tersebut baik untuk pasien yang sudah terdeteksi Covid-19 atau tidak,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Emmy mengingatkan kepada masyarakat bahwa yang paling penting dalam pencegahan Covid-19 adalah meningkatkan imunitas masing-masing. “Selain itu, juga menerapkan perilaku hidup sehat," tandasnya.

Di sisi lain dalam kesempatan tersebut PT Phapros, Tbk bersama PT Kimia Farma, Tbk juga menyerahkan sejumlah bantuan kepada Pemerintah Kota Semarang. Itu untuk mendukung upaya penanganan COVID-19 di Kota Semarang.

Tak kurang dari 10.000 butir multi vitamin Becefort dan 100 liter Hand Sanitizer diserahkan Emmy kepada Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu pun langsung menugaskan Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Semarang yang juga Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu (Ita) untuk mendistribusikan kepada masyarakat.

Sekdar informasi, Pemkot Semarang melalui Gugus Tugas Penanganan Covid-19 terus fokus berusaha menangani dan menekan potensi penyebaran virus Corona. Upayanya mulai dari melakukan penyemportan disinfektan dengan berbagai cara, menyiapkan sembako gratis untuk ODP dan masyarakat membutuhkan hingga memproduksi sendiri pakaian pelindung diri (APD).
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6754 seconds (0.1#10.140)