alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

MRI-ACT Jawa Tengah Ajak Masyarakat Bersama Perangi Corona

Ahmad Antoni
MRI-ACT Jawa Tengah Ajak Masyarakat Bersama Perangi Corona
Tim MRI-ACT Jateng saat melakukan penyemprotan disinfektan di SMAN 1 dan SMP PGRI 2 Weleri, Kendal, Rabu (25/3/2020). FOTO/Dok ACT Jateng

SEMARANG - Ikhtiar mitigasi bencana Virus corona jenis baru, Covid-19 terus dilakukan oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) di Jawa Tengah. Aksi Kemanusiaan terus dilakukan, salah satunya dengan penyemprotan disinfektan di beberapa fasilitas publik dalam masa tanggap darurat ini.

Seperti yang dilakukan Tim Satuan Tugas (Satgas) MRI-ACT dengan memberikan layanan penyemprotan disinfektan gratis di SMA Negeri 1 dan SMP PGRI 2 Weleri, Kabupaten Kendal, Rabu (25/3/2020). Personel tim aksi kemanusiaan tampak mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) yang terstandar sesuai anjuran WHO.

Medical Colunteer ACT Jateng, Anggi Vita Shelma mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi anjuran pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. "Penyemprotan ini adalah salah satu ikhtiar kita untuk mencengah perluasan penyebaran virus. Selain itu kami berharap masyarakat harus tetep menjaga pola hidup sehat dan jangan panik," kata Anggi.



Sisi lain, pihaknya juga memberikan tips agar masyarakat tetap di rumah saja, terutama pada daerah yang terdapat pasien positif covid-19. "Pakailah masker hanya saat sakit atau di kerumunan orang, lepas sepatu di luar rumah, segera cuci pakaian setelah keluar rumah, perbanyak cuci tangan dengan sabun terutama setelah memegang benda-benda umum dan hindari tempat penuh keramaian," katanya.

Kepala Cabang ACT Jateng, Giyanto menegaskan bahwa Satgas MRI-ACT masih akan terus mendampingi masyarakat dalam melawan pandemi Covid-19. "Secara serentak tim telah bertugas di beberapa fasilitas publik seperti kantor kelurahan, masjid, balai pertemuan, dan sekolah. Cakupan yang sudah kami datangi seperti Kota Semarang, Kabupaten Klaten, Solo, Banyumas, Kendal dan akan berlanjut di Kota lainnya segera," kata Giyanto.

Dia menambahkan, selain melakukan penyemprotan secara stimulan tim MRI-ACT juga memberikan bantuan kemanusiaan. "Apresiasi terbaik kami berikan kepada pahlawan medis yang sampai dengan detik ini memberikan sumbangsih terbaiknya dalam menangani wabah Corona. Bantuan berupa paket pangan gratis untuk tenaga medis terus kami distribusikan di berbagai rumah sakit yang bermitra dengan ACT," katanya.

Kelangkaan APD yang terjadi di sejumlah rumah sakit juga menjadi perhatiannya. "Tentu ACT juga masih terus mengusahakan pemenuhan APD. Senantiasa kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama memberikan kedermawanannya guna menunjang program-program kemanusiaan yang kian masif," katanya.



(amm)